Kompas TV pendidikan kampus

Unesa Buka Prodi Baru S1 Ilmu Politik, Pendaftaran Dibuka Sampai 11 Agustus, Begini Cara Daftarnya

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 08:24 WIB
unesa-buka-prodi-baru-s1-ilmu-politik-pendaftaran-dibuka-sampai-11-agustus-begini-cara-daftarnya
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi atau prodi baru yakni S1 Ilmu Politik yang bernaung di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). (Sumber: Unesa.ac.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi atau prodi baru yakni S1 Ilmu Politik yang bernaung di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). (Sumber: Unesa.ac.id)
JAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka program studi atau prodi baru yakni S1 Ilmu Politik yang bernaung di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH). 

Pendaftaran prodi baru ini telah dibuka sejak 1 Agustus 2023 dan akan ditutup pada 11 Agustus 2023 mendatang.

Seleksi penerimaan untuk prodi S1 Ilmu Politik ini berupa tes tulis berbasis Komputer, di mana nantinya tes dilakukan di rumah masing-masing peserta.

Koordinator prodi (Koorprodi) Ilmu Politik, Mubarok Muharam, mengungkapkan pendirian prodi S1 Ilmu Politik ini didasarkan pada kebutuhan kompetensi ilmu politik dan berbagai alasan penting lainnya.

"Kita tak sekadar membuat prodi, tetapi ada misi keilmuan dan kompetensi di tengah dinamika politik negara kita bahkan dunia yang sangat dinamis. Prodi kami memiliki unggulan tersendiri yang membedakannya dengan prodi yang serupa di kampus lain," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8/2023).

Ilmu politik Unesa, kata dia tidak hanya berfokus pada politik praktik, tetapi juga menyoroti pergeseran dan dinamika politik di lapangan termasuk pengaruh transformasi digital dan teknologi dalam ranah politik. Karena itu, mahasiswa juga akan mempelajari politik digital dan big data.

Selain itu, mempelajari banyak hal di antaranya relasi kuasa negara dan rakyat, negara dengan individu dan negara dengan unsur lainnya.

Juga, lanjut dia, mempelajari tentang tata kelola pemerintahan, politik perempuan termasuk gender dan politik, politik global dan lokal, big data dan politik digital hingga persoalan pers dan politik identitas.

Profil lulusan sarjana Ilmu Politik Unesa nanti yaitu memiliki pemahaman tentang politik dan dinamikanya baik di Indonesia maupun global; memiliki kemampuan mengelola dan mendistribusikan data dalam persoalan sosial, publik, politik, budaya dan lain sebagainya; dan memiliki pemahaman dan kemampuan terkait pers dan politik.

"Lulusan nanti bisa berkarir di mana saja, bisa masuk ke pemerintahan lokal hingga pusat, pengamat, peneliti, dosen, jurnalis politik, konsultan hingga menjadi pegiat lembaga masyarakat. Bisa juga menjadi public relation di lembaga-lembaga politik," ujarnya.

Bagi anda yang berminat menjadi mahasiswa S1 Ilmu Politik Unesa angkatan pertama, dapat melakukan pendaftaran secara online di https://pmb.unesa.ac.id/.

Baca Juga: Lolos Jalur Mandiri UB Nilai Rapor Gelombang 2? Segera Lakukan Pemberkasan Online, Begini Caranya

Cara Daftar

Mengutip dari laman admisi Unesa, berikut cara pendaftarannya: 

1. Calon Peserta akses laman https://pmb.unesa.ac.id/ untuk membuat akun pendaftaran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x