Kompas TV pendidikan kampus

Link, Syarat, dan Cara Daftar Prodi S1 Kedokteran Unnes, Dibuka Mulai 1 Agustus 2023

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 23:50 WIB
link-syarat-dan-cara-daftar-prodi-s1-kedokteran-unnes-dibuka-mulai-1-agustus-2023
Universitas Negeri Semarang (UNNES) resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi kedokteran semester gasal tahun 2023/24. (Sumber: gramedia.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Universitas Negeri Semarang (Unnes) resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk Program Studi Kedokteran semester gasal tahun 2023/24.

Pendaftaran Prodi Kedokteran dibuka usai Unnes menerima rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI, Konsul Kedokteran Indonesia (KKI), dan telah dilakukannya sidang majelis Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) tentang akreditasi minimal Prodi Kedokteran Unnes.

Dekan Fakultas Kedokteran Unnes Mahalul Azam menyebut rekomendasi Kemenkes telah diterima sejak 20 Juni lalu. Sedangkan rekomendasi KKI diterima pada Januari 2023 dan visitasi akreditasi LAM-PTKes dilakukan pada 5 Juli kemarin.

Pendaftaran mahasiswa baru Prodi Kedokteran Unnes dibuka mulai 1 Agustus hingga 10 Agustus 2023 mendatang. Calon mahasiswa dapat mendaftar di laman penerimaan mahasiswa baru Unnes.

Baca Juga: Besok Unesa Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Prodi S1 Kedokteran, Ditutup 9 Agustus 2023

Azam menyatakan, Prodi Kedokteran Unnes telah dipersiapkan sejak 2019. Unnes telah menyiapkan sarana dan prasarana perkuliahan Kedokteran seperti tenaga pengajar, ruang kelas, dan sejumlah laboratorium. Kampus ini juga bekerja sama dengan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus sebagai rumah sakit pendidikan.

“Total kita sudah memiliki 51 dosen, 32 merupakan dosen tetap dan lainnya merupakan dosen dokter pendidik klinis,” kata Azam dikutip laman resmi UNNES.

Syarat pendaftaran Prodi S1 Kedokteran Unnes

Berikut syarat-syarat untuk mendaftar Program Studi S1 Kedokteran Unnes sebagaimana dilansir laman resmi Unnes.

Persyaratan umum

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat tahun 2023, 2022, dan 2021 dari sekolah yang terakreditasi dan sudah memiliki ijazah;

  • Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar;

  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD RISTEK;

  • Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di bidang studi;

  • Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES.

Persyaratan Khusus

  • Mengikuti  seleksi akademik berupa Ujian Tulis Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi Bahasa secara offline (lokasi di UNNES) pada jadwal yang ditentukan;

  • Tidak memiliki cacat tubuh atau keturunan (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa);

  • Tidak boleh buta warna baik total maupun sebagian (parsial);

  • Tidak ada gangguan jiwa;

  • Bebas narkoba;

  • Mengikuti tes kesehatan dan tes psikometri pada lokasi dan jadwal yang ditentukan setelah dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru program studi Kedokteran FK Unnes.


Link dan cara daftar S1 Kedokteran Unnes

Pendaftaran calon mahasiswa baru Unnes yang ingin berkuliah di prodi S1 Kedokteran dapat mengakses laman pendaftaran berikut https://unnes.ac.id/admission.

Di laman tersebut, calon mahasiswa baru akan diminta mendaftarkan akun dan mengisi biodata. Calon mahasiswa juga diwajibkan mengisi formulir pendaftaran secara online dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000.

Baca Juga: Netizen Debat soal Lokasi Universitas Indonesia, Depok atau Jakarta?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x