Kompas TV pendidikan kampus

Besok Unesa Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Prodi S1 Kedokteran, Ditutup 9 Agustus 2023

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 16:34 WIB
besok-unesa-buka-pendaftaran-mahasiswa-baru-prodi-s1-kedokteran-ditutup-9-agustus-2023
Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan membuka pendaftaran mahasiswa baru prodi kedokteran hingga 9 Agustus 2023. (Sumber: Unesa.ac.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Universitas Negeri Surabaya atau Unesa akan membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program studi (prodi) S1 kedokteran, Fakultas Kedokteran (FK) mulai besok, Selasa (1/8/2023) hingga Rabu (9/8/2023) pekan depan.

Rektor Unesa Nurhasan mengatakan prodi kedokteran dibuka setelah adanya rekomendasi dari beberapa pihak, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, hingga Gubernur Jawa Timur.

"Kesiapan kami sudah diasesmen dan divisitasi beberapa kali oleh sejumlah pihak. Alhamdulillah rekomendasi dari semua pihak sudah turun," ucap Nurhasan, seperti dikutip dari laman resmi Unesa.

Baca Juga: Pengumuman SMUP Unpad 2023 Sarjana Terapan atau D4 Hari Ini, Berikut Link dan Cara Ceknya

Meski prodi baru, Fakultas Kedokteran Unesa sudah memiliki gedung sendiri. Letaknya di sebelah kanan Gedung Rektorat Unesa. Sejumlah fasilitas, seperti laboratorium, juga sudah disediakan.

Nurhasan menjelaskan prodi kedokteran Unesa sudah mengajak kerja sama sejumlah rumah sakit di Surabaya dan sekitarnya, termasuk RSUD Bhakti Dharma Husada dan RSUD dr. Sayidiman di Magetan.

Rumah sakit-rumah sakit itu nantinya akan menjadi lokasi praktek mahasiswa kedokteran Unesa. 

Berbeda dengan prodi kedokteran pada umumnya, prodi kedokteran Unesa memiliki ciri khas, yakni memiliki muatan keolahragaan.

Komposisi atau muatannya secara dominan memang terkait kedokteran seperti pada umumnya, tetapi juga ada sekian persen muatan keolahragaan.

Dekan Fakultas Kedokteran Unesa Endang Sri Wahyuni mengatakan prodi ini dihadirkan untuk menjawab kebutuhan dokter di Indonesia.

“Rasio jumlah dokter dengan jumlah penduduk kita yaitu 0,42 dokter per 1.000 populasi. Padahal standar WHO, idealnya satu dokter per 1.000 populasi. Itu yang menjadi semangat kami," jelas Endang.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri Gelombang 2 ISI Surakarta, Dibuka hingga 2 Agustus

Jadwal Pendaftaran Prodi Kedokteran Unesa

Bagi Anda yang ingin berkuliah di prodi kedokteran, simak jadwal pendaftaran mahasiswa baru kedokteran Unesa berikut ini:

  • 1 - 9 Agustus 2023: Pendaftaran
  • 10 Agustus 2023: Tes psikologi
  • 11 Agustus 2023: Ujian tes Berbasis Komputer
  • 13 Agustus 2023: Pengumuman
  • 14 Agustus 2023: Tes kesehatan
  • 16 - 18 Agustus 2023: Pendaftaran ulang

 



Sumber : unesa.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x