Kompas TV pendidikan kampus

3 Fakta Jurusan Ilmu Komunikasi UGM: Peluang Kerja, Kuliah Bareng Artis, dan Lomba Tingkat Nasional

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 07:30 WIB
3-fakta-jurusan-ilmu-komunikasi-ugm-peluang-kerja-kuliah-bareng-artis-dan-lomba-tingkat-nasional
Aktris Indonesia, Prilly Latuconsina, menjadi dosen praktisi di Departemen Ilmu Komunikasi, Fisipol, UGM, Kamis (10/11/2022). (Sumber: Fisipol UGM)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Program studi (Prodi) sarjana (S1) Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu jurusan favorit yang kompetitif dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran Prof Wening Udasmoro mengungkapkan, berdasarkan jumlah pendaftar dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 UGM, prodi S1 Ilmu Komunikasi jadi salah satu jurusan paling diminati di bidang sosial humaniora.

Departemen Ilmu Komunikasi di UGM merupakan jurusan di dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Tiga fakta jurusan Ilmu Komunikasi UGM

1. Peluang kerja

Menurut salah satu dosen Departemen Ilmu Komunikasi UGM, Zainuddin Muda Z Monggilo, jurusan terketat urutan ke-6 di UGM ini memberikan bekal bagi mahasiswanya untuk menjalani berbagai profesi, di antaranya content creator, penulis, public relations atau humas, bidang periklanan, dan jurnalis atau reporter.

Dosen yang akrab disapa Zam itu menambahkan, peluang kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi UGM tak hanya sebatas bekerja di bidang media, namun juga bisa di bidang akademis, misalnya menjadi peneliti dan akademisi, maupun di bidang pemerintahan.

Baca Juga: Jurusan UTBK SNBT 2023 Terfavorit di UGM dari Klaster Saintek dan Soshum

2. Kuliah bareng artis

Di Departemen Ilmu Komunikasi UGM, mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti kuliah praktisi, termasuk bersama artis atau figur publik.

“Ada banyak hal yang membuat kuliah di Ilmu Komunikasi UGM itu menarik, salah satunya bisa berkuliah praktisi bersama figur publik ternama dan berkompeten di bidangnya, misalnya saja selebriti Prilly Latuconsina baru-baru ini. Selain itu, mahasiswa bisa mengikuti berbagai kompetisi dan kegiatan kemahasiswaan yang mendukung pengembangan potensi dirinya,” jelas Zam melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Senin (17/7/2023).


3. Punya gelaran lomba tahunan untuk mahasiswa dan siswa SMA

Jurusan tervaforit urutan ke-10 secara nasional ini rutin mengadakan lomba bagi mahasiswa dan siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) sederajat.

Untuk siswa SMA atua SMK sederajat, Ilmu Komunikasi UGM rutin menggelar lomba tingkat nasional bernama Lomba Kreasi Siswa SMA se-Nusantara atau Laksamana. 

Tahun 2023 ini, para mahasiswa akan datang ke sekolah-sekolah di berbagai daerah mulai dari tanggal 17 hingga 28 Juli untuk mengadakan roadshow atau sosialisasi terkait lomba bidang Ilmu Komunikasi kepada para siswa.

Tahun ini, Laksamana UGM mengusung tema Freedom of Expression: Breaking the Stereotypes.

Selain untuk siswa SMA sederajat, jurusan Ilmu Komunikasi UGM ini juga menggelar lomba tingkat nasional untuk mahasiswa bernama Ajisaka.

Pada Januari hingga Maret 2023, Departemen Ilmu Komunikasi baru saja menggelar lomba bidang komunikasi bagi mahasiswa tingkat nasional bernama Festival Ajisaka.

Para mahasiswa dari berbagai penjuru Tanah Air berlomba di lima mata lomba, yakni Nakula (riset), Sadewa (iklan), Prahasta (humas), Arjuna (jurnalistik), dan Kresna (film).

Baca Juga: Jadi Dosen Praktisi di UGM, Prilly Latuconsina Tak Langsung Kembali ke Jakarta karena Ada Syuting

Zam mengatakan, jurusan yang mengusung tagline Crafting Well-informed Society ini menempatkan pembelajar untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan etis sehingga memiliki posisi yang strategis setelah lulus dan kembali ke masyarakat maupun dunia kerja.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x