Kompas TV pendidikan sekolah

Catat, Ini Aturan Seragam Sekolah dan Ketentuan Pakaian Adat SD, SMP, SMA Terbaru 2023

Kompas.tv - 16 Juli 2023, 10:00 WIB
catat-ini-aturan-seragam-sekolah-dan-ketentuan-pakaian-adat-sd-smp-sma-terbaru-2023
Ilustrasi. Aturan seragam sekolah dan pakaian adat terbaru untuk siswa SD, SMP, dan SMA (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang masuk jenjang ajaran baru, orangtua dan siswa wajib mengetahui aturan seragam sekolah untuk SD, SMP dan SMA terbaru 2023.

Hal ini karena siswa perlu menyiapkan seragam sekolah yang akan dipakai selama mengenyam pendidikan di jenjang tersebut.

Diketahui, aturan seragam sekolah tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Nomor 50 tahun 2022 mengenai Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam Pasal 3 disebutkan ada tiga jenis seragam sekolah yang digunakan siswa SD hingga SMA yakni pakaian seragam nasional, pakaian seragam pramuka, dan pakaian adat.

Melansir laman Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud Ristek, Minggu (16/7/2023), selain seragam nasional dan seragam pramuka, sekolah juga dapat mengatur seragam khas bagi peserta didik.

Baca Juga: 70 Lebih Games Tebakan Teka-Teki MPLS 2023 yang Jawabannya Tidak Terduga, Seru, dan Menyenangkan

Tujuan pengaturan seragam sekolah terbaru ini untuk menanam dan menumbuhkan nasionalisme, kebersamaan serta memperkuat persaudaraan di antara siswa. 

Selain itu, pengaturan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan antar siswa tanpa melihat latar belakang sosial ekonomi orang tua atau wali siswa serta meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa.


Apakah Pakaian Adat Wajib?

Disdik Sekolah Dasar menyebutkan bahwa pakaian adat bukan seragam wajib ke sekolah. Pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya dapat mengatur pengenaan pakaian adat bagi peserta didik pada sekolah.

Pakaian adat digunakan peserta didik pada hari atau acara adat tertentu. Model dan warna pakaian adat ditetapkan pemerintah daerah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

Aturan Seragam Sekolah Terbaru 2023

1. Model dan Warna Seragam Nasional

  • SD/SD Luar Biasa: atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.
  • SMP/SMP Luar Biasa: atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.
  • SMA/SMA Luar Biasa/SMK/SMK Luar Biasa: atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x