Kompas TV pendidikan sekolah

5 Pilihan Ekstrakurikuler yang Cocok untuk Anak Introvert

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 16:00 WIB
5-pilihan-ekstrakurikuler-yang-cocok-untuk-anak-introvert
Ilustrasi introvert. Kegiatan ekstrakurikuler yang cocok bagi anak introvert. (Sumber: Shutterstock/Yeexin Richelle via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memilih kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang tak mudah bagi sebagian orang, khususnya anak introvert. Berikut ekstrakurikuler yang cocok untuk anak introvert.

Introvert merupakan orang yang cenderung menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, dan lebih suka bekerja secara mandiri.

Sebagian anak introvert umumnya tidak menyukai kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti beberapa ekstrakurikuler yang bak mengistimewakan anak ekstrovert.

Baca Juga: 5 Kelebihan Orang Introvert di Tempat Kerja, Termasuk Lebih Fokus

Memilih kegiatan ekstrakurikuler yang cocok bagi anak introvert, yang terpenting adalah memilih kegiatan yang menunjukkan pertumbuhan, pencapaian, tantangan, atau bakat yang dikembangkan. 

Namun, hal tersebut merupakan hal yang menantang karena harus memilih kegiatan yang cocok dengan kepribadian masing-masing. Berikut sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang mungkin cocok.

Ekstrakurikuler yang Cocok untuk Anak Introvert

Melansir Introvert Dear, berikut beberapa ekstrakurikuler yang cocok untuk anak introvert.

1. Klub Baca

Untuk meningkatkan pengalaman membaca Anda, pertimbangkan untuk bergabung dengan klub buku di sekolah. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dan memperluas pemahaman Anda tentang buku-buku yang Anda baca.

2. Olahraga Individu

Anak introvert mungkin lebih suka olahraga individu seperti lari, renang, atau yoga. Kegiatan-kegiatan ini memungkinkan mereka untuk fokus pada performa mereka sendiri dan terlibat dalam introspeksi.

Anda dapat menetapkan target waktu atau jarak untuk lari Anda, atau mencoba gerakan yoga yang lebih menantang. Hal ini akan memberi Anda tantangan pribadi dan memungkinkan Anda untuk melihat perkembangan dalam performa Anda sendiri.

Baca Juga: Introvert atau Ekstrovert, Jangan Jadikan Alasan Untuk Tak Bisa Lakukan Sesuatu

3. Menulis

Menulis adalah kegiatan lain yang mungkin dinikmati oleh anak introvert. Ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri secara kreatif dan bekerja secara mandiri.

Anda bisa bergabung dengan klub penulisan di sekolah. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk berbagi tulisan Anda dengan orang lain, mendapatkan umpan balik, dan belajar dari penulis lain.

4. Seni

Siswa introvert mungkin menikmati kegiatan seni seperti lukisan, menggambar, atau bermain alat musik. Kegiatan-kegiatan ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan diri secara kreatif dan bekerja secara mandiri.

Baca Juga: Urutan Peringkat 12 Zodiak dari yang Paling Introvert ke Ekstrovert

5. Aktivitas grup kecil

Anak introvert mungkin merasa lebih nyaman dalam kelompok kecil daripada kelompok besar. Kegiatan seperti klub buku, tim debat, atau klub sains dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk terlibat dalam diskusi yang bermakna dan bekerja secara kolaboratif dengan teman sebaya yang sevisi.




Sumber : Introvert Dear


BERITA LAINNYA



Close Ads x