Kompas TV pendidikan sekolah

Jangan Hanya Ikut-ikutan Teman, Ini Kiat-kiat Memilih Ekstrakurikuler bagi Siswa SMA

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 13:56 WIB
jangan-hanya-ikut-ikutan-teman-ini-kiat-kiat-memilih-ekstrakurikuler-bagi-siswa-sma
Ilustrasi pelajar SMA mengerjakan tugas. (Sumber: kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda siswa baru di Sekolah Menengah Atas (SMA), banyaknya pilihan kegiatan ekstrakurikuler mungkin akan membuat bingung. Berikut cara memilih ekstrakurikuler yang tepat.

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang penting untuk mengembangkan kemampuan diri, seperti kemampuan kepemimpinan, bersosialisasi, dan mengembangkan bakat tertentu.

Siswa sering menghadapi dilema saat memilih kegiatan ekstrakurikuler. Ketidaktahuan akan minat menjadi kesulitan tersendiri dalam memutuskan kegiatan mana yang harus diikuti.

Baca Juga: 6 Profil Pelajar Pancasila jadi Materi MPLS 2023? Ini Penjelasan Arti dan Tujuannya

Untuk itu, penting untuk mengetahui cara memilih ekstrakurikuler agar Anda dapat membuat pilihan yang tepat. Berikut caranya, dirangkum dari laman Prepory.com:

Cara Memilih Ekstrakurikuler

1. Ketahui Minat Anda

Pikirkan tentang hal-hal apa yang membuat Anda bahagia atau termotivasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mengingat kelas apa yang Anda sukai, aktivitas sehari-hari yang Anda nikmati, atau bidang yang ingin Anda pelajari lebih dalam. 

Kemudian, buatlah daftar hal-hal yang ingin Anda pelajari atau nilai-nilai yang ingin Anda kembangkan setelah lulus sekolah menengah. 

Baca Juga: Penjelasan Kurikulum Merdeka Belajar yang Berlaku untuk SD, SMP, SMA 2023, Orang Tua Harus Tahu!

2. Jangan Ikut-ikutan

Ekstrakurikuler merupakan preferensi pribadi. Memilih ekstrakurikuler hanya karena teman Anda mengikutinya mungkin tidak sepenuhnya baik. Sebab, belum tentu Anda memiliki minat yang sama dengan teman Anda.

Luangkan waktu untuk mempelajari apa sebenarnya kegiatan ekstrakurikuler yang hendak dipilih dan sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

3. Kembangkan Keterlibatan Diri

Selain mengasah potensi diri, ekstrakurikuler juga dapat menjadi wadah untuk mengasah softskil, seperti kepemimpinan, manajemen waktu, hingga public speaking.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah ekstrakurikuler yang akan Anda ikuti dapat mengembangkan kemampuan tersebut atau tidak. Hal ini perlu di pertimbangkan karena dapat berguna di masa depan.

Baca Juga: Apa Itu MPLS Sekolah? Tujuan, Pengertian, Jadwal, dan Contoh Kegiatan

4. Uji Coba

Ikutilah pertemuan pertama untuk melihat kecocokan Anda dengan ekstrakurikuler yang Anda ikuti. Tinjau bagaimana kegiatan ekstrakurikuler Anda telah mengubah Anda.

Apakah Anda telah memperoleh keterampilan manajemen waktu dan kepemimpinan yang lebih baik? Apakah Anda telah belajar sesuatu yang baru yang telah mengubah cara berpikir Anda? Evaluasilah pertumbuhan yang telah Anda alami melalui kegiatan ekstrakurikuler ini.



Sumber : Prepory.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x