Kompas TV pendidikan beasiswa

Jadwal dan Komponen Dana Beasiswa Cendikia Baznas 2023 untuk D4 dan S1

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 06:30 WIB
jadwal-dan-komponen-dana-beasiswa-cendikia-baznas-2023-untuk-d4-dan-s1
Ilustrasi. Beasiswa LPDP untuk penyandang disabilitas akan dibuka pada 4 Juli 2022. Ini cara daftarnya. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beasiswa Cendekia Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) resmi dibuka pada Senin lalu (3/7/2023).

"Betul dibuka 3 Juli 2023," kata Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayguanaan Baznas, M Imdadun Rahmat, Rabu (5/7/2023), dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, katanya proses pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan di kampus masing-masing. Dalam hal ini beasiswa Baznas ini telah melakukan kerja sama dengan 101 kampus dalam negeri dan 48 ma’had aly

Sehingga bisa dikatakan bahwa beasiswa ini diperuntukkan kepada mereka yang sudah menjadi mahasiswa pada ma’had aly dan kampus mitra, yang dalam hal ini adalah mahasiswa D4 dan S1.

Sedangkan untuk jumlah kuota yang disediakan untuk beasiswa ini adalah 1.707 orang untuk kampus dan 550 orang untuk ma’had aly

Baca Juga: Pemprov Papua Barat Daya Siapkan Beasiswa Bagi SDM Bidang Kesehatan

Syarat Beasiswa Cendekia Baznas 2023

Seperti yang sudah disinggung di atas, beberapa hal disyaratkan untuk mereka yang berminat mendaftar. Berikut adalah lebih jelasnya:

  • Mahasiswa D4/S1 semester 5 program reguler di kampus mitra Baznas. 
  • Memenuhi salah satu dari kategori beasiswa berikut: 
  1. Kategori jurusan prioritas: Komputer, profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi), teknik, akuntansi, statistika, manajemen zakat dan wakaf, komunikasi, ekonomi, dan pendidikan.
  2. Kategori prestasi: Memiliki prestasi nasional dan/atau internasional (lebih direkomendasikan yang telah tercatat di Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud).
  3. Kategori wirausaha: Memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan.
  4. Kategori aktivis: Aktif menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/masyarakat.
  • IPK minimal 3,00 (skala 4,00). 
  • Melengkapi berkas: Pas foto terbaru/berwarna, KTP dan KK, transkrip nilai IPK terakhir, surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau surat rekomendasi dari Baznas kabupaten atau kota. 
  • Surat pernyataan. 
  • Esai dengan tema kontribusiku menjadi generasi zakat. Pendaftaran dan seleksi beasiswa dilakukan di masing-masing kampus dengan menghubungi layanan beasiswa. Peserta yang lolos tahap administrasi akan menjalani tes wawancara di masing-masing kampus.

Baca Juga: Panduan Lengkap dan Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi Kemenag 2023

Komponen Beasiswa Baznas 2023

Sempat disebutkan pada syarat-syarat di atas bahwa beasiswa ini akan diberikan dari semester 5.

Sebagai informasi tambahan, beasiswa ini akan diberikan selama 4 semester, sehingga bisa dikatakan bahwa akan mulai diberikan dari semester 5 hingga lulus. Namun dalam hal ini lulus yang dimaksud adalah lulus tepat waktu atau lulus sebelum semester 8. 

Kemudian untuk komponen bantuan yang diberikan berupa subsidi uang kuliah tunggal (UKT) hingga Rp3 juta per semester yang dibayarkan langsung kepada rekening kampus atas nama mahasiswa penerima. 

Selain UKT, akan diberikan juga program pengembangan diri bersama mentor.

Jadwal Beasiswa Baznas 2023

  • Pendaftaran dilakukan di kampus masing-masing: 3-12 Juli 2023 
  • Seleksi administrasi: 12-21 Juli 2023 
  • Seleksi wawancara: 24-31 Juli 2023 
  • Masa sanggah: 1-30 Agustus 2023 
  • Pengumuman akhir: 31 Agustus 2023

Untuk informasi lebih detail, Anda dapat mengaksesnya lewat tautan berikut (klik di sini)


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x