Kompas TV pendidikan sekolah

7.079 Mahasiswa KKN UGM Bareng-bareng Disebar ke 400 Desa di Penjuru Indonesia, Ada Apa?

Kompas.tv - 24 Juni 2023, 04:55 WIB
7-079-mahasiswa-kkn-ugm-bareng-bareng-disebar-ke-400-desa-di-penjuru-indonesia-ada-apa
Rektor UGM Pro. Dr. Ova emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K)., Ph.D, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi perwakilan mahasiswa UGM foto bersama dengan latar belakang ribuan mahasiswa peserta KKN PPM saat penerjunan KKN PPM UGM periode 2 tahun 2023, di Balairung UGM Yogyakarta, Jumat (23/6/2023) (Sumber: KompasTV/Michael Aryawan)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM) meneruskan tradisi penyelengaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sudah dilakukan kali pertama sejak 1971. Terkini, UGM menerjunkan 7.079 mahasiswa KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dari 19 fakultas untuk mengabdi di 31 provinsi, 97 kabupaten, 204 kecamatan, dan lebih dari 400 desa di penjuru Indonesia.

Rektor UGM Pro. Dr. Ova emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K)., Ph.D., menyampaikan sejak pertama kali digelar KKN menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa kampus tersebut sebagai bentuk komitmen dan kontribusi UGM untuk mewujudkan program pengabdian dan implementasi IPTEK yang bermanfaat bagi peningkatan pembangunan berkelanjutan. 

Sebagai program pembelajaran di luar kampus bagi mahasiswa UGM, KKN PPM juga diarahkan sebagai program peningkatan karakter mahasiswa agar memiliki empati dan kepedulian terhadap permasalahan riil masyarakat.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Politeknik Saint Paul Bantu Kembangkan Potensi Wisata

“Mengusung tema Inklusi Mengabdi Bersama Masyarakat melalui KKN sekaligus menguatkan kiprah UGM untuk menghadirkan universitas dalam program pembangunan masyarakat. Program tersebut antara lain pengentasan kemiskinan, penguatan karakter kebangsaan, kepedulian, gotong royong, dan pelibatan di lingkungan sosial,” papar Ova dalam penerjunan KKN PPM UGM periode 2 tahun 2023, Jumat (23/6/2023) di Balairung UGM Yogyakarta.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang akan berangkat KKN. Sebagai generasi muda Indonesia, mahasiswa melalui KKN dapat memperoleh tambahan ilmu pengetahuan, mencoba bantu dan berdialog dengan masyarakat di desa.

“Pengetahuan yang diperoleh di kampus bisa diaplikasikan melalui dialog dengan masyarakat," pesan Sri Sultan.

Di kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki turut berharap para mahasiswa KKN nantinya bisa membantu masyarakat dalam pengembangan usaha. Selain itu, mahasiswa juga dapat belajar menjadi wirausahawan.

Adapun ribuan mahasiswa KKN UGM ini akan menjalankan berbagai program pengabdian masyarakat untuk membantu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapai masyarakat.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga melakukan pengabdian guna membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, mendorong kemandirian, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x