Kompas TV pendidikan kampus

Jadwal Pendaftaran Universitas Terbuka 2023 dan Daftar Lengkap Jurusan yang Dibuka

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 09:02 WIB
jadwal-pendaftaran-universitas-terbuka-2023-dan-daftar-lengkap-jurusan-yang-dibuka
Pendaftaran Universitas Terbuka 2023 sudah dibuka untuk SMA, SMK dan Paket C. (Sumber: ut.ac.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Terbuka (UT) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 untuk SMA, SMK dan Paket C.

Sebagai informasi, Universitas Terbuka adalahPerguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada September 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

UT menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia.

Melansir ut.ac.id, Rabu (21/6/2023), mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri.

Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri.

Seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa.

Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan SKS. Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 SKS. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

Baca Juga: Calon Mahasiswa yang Lolos UTBK 2023, Simak Biaya Kuliah UGM, UI, IPB, ITB, Undip, hingga Unair

Dalam pendidikan tinggi tatap muka, mahasiswa yang mengambil beban studi satu SKS harus mengikuti perkuliahan selama satu jam per minggu di kelas dan satu jam untuk praktek, praktikum, atau belajar di rumah.

Sehingga dalam satu semester mahasiswa harus mengalokasikan waktu belajar sekitar 32 jam. Untuk menempuh mata kuliah yang berbobot 3 SKS dibutuhkan waktu belajar sekitar 96 jam per semester.

Dalam sistem pendidikan jarak jauh, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa tatap muka (2 jam per minggu per SKS).

Hanya saja kegiatan belajarnya lebih banyak dilakukan secara mandiri (belajar sendiri, belajar berkelompok, atau tutorial).

Dalam penyelenggaraan pendidikan, UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri dan sejumlah perguruan tinggi swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia.

Di setiap provinsi atau kabupaten/kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut UPBJJ-UT.

Perguruan tinggi negeri setempat berperan sebagai pembina UPBJJ-UT serta membantu dalam penulisan bahan ajar, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, praktek/praktikum, dan ujian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x