Kompas TV pendidikan edukasi

Mengenal Kapal Perang Bung Karno-369: Buatan Anak Bangsa, Gantikan KRI Barakuda

Kompas.tv - 1 Juni 2023, 17:33 WIB
mengenal-kapal-perang-bung-karno-369-buatan-anak-bangsa-gantikan-kri-barakuda
Potret Kapal Korvet Bung Karno-369 yang diluncurkan di Batam, Rabu (19/4/2023) dan akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 diresmikan hari ini, Kamis (1/6/2023), bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Acara peresmian KRI Bung Karno-369 dihadiri langsung oleh anak Bung Karno atau Ir. Soekarno yang merupakan Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri, dan cucu Bung Karno yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, serta sejumlah pejabat lain juga hadir dalam acara yang digelar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara itu.

KRI Bung Karno-369 merupakan kapal berjenis korvet yang diproduksi di dalam negeri.

Kemarin, Rabu (31/5/2023), KSAL Ali menerangkan, KRI Bung Karno-369 adalah murni buatan dalam negeri dari putra dan putri terbaik bangsa Indonesia.

"Jadi bangsa kita ternyata sudah bisa membuat kapal jenis korvet, untuk menjadi kapal protokoler untuk kepresidenan," kata Ali, Rabu, dilansir dari Antara.

Baca Juga: 509 Pemudik Sepeda Motor yang Naik Kapal Perang KRI Banjarmasin Tiba di Semarang

Selain sebagai korvet, kata Ali, kapal ini juga akan dijadikan sebagai kapal kepresidenan.

"Jadi, fungsinya ada dua, selain sebagai kapal korvet, dia (KRI Bung Karno) juga sebagai kapal kepresidenan," terang Ali.

Dia juga menyebut KRI Bung Karno-369 akan menggantikan kapal kepresidenan yang lama, yakni KRI Barakuda.

"Dan ini juga menggantikan KRI Barakuda yang sudah lama. Dulu kita pernah punya kapal kepresidenan, yaitu KRI Barakuda, jenisnya masih FPB-57, masih kapal patroli kecil. Nah, ini kita tingkatkan menjadi kapal korvet untuk kapal kepresidenan," kata dia.

Sebelumnya, Laksamana Ali mengatakan KRI Bung Karno-369 lebih unggul daripada KRI Barakuda. Hal itu karena KRI Bung Karno-369 merupakan kapal penjelajah, bukan kapal patroli.

Selain itu, kapal ini memiliki persenjataan yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan KRI Barakuda. Dari segi dimensi, kapal KRI Bung Karno-369 juga lebih besar.

"Ini panjangnya sekitar 73 meter dengan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 45 orang dan kecepatannya juga bisa cukup tinggi jika dibandingkan kapal-kapal sebelumnya,” kata Ali setelah meresmikan peluncuran kapal korvet Bung Karno di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Baca Juga: Megawati Resmikan Pelabelan Kapal Korvet TNI AL dengan Nama KRI Bung Karno


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x