Kompas TV pendidikan kampus

Jadwal Seleksi Jalur Mandiri UGM, UI, dan ITB 2023

Kompas.tv - 8 Mei 2023, 07:50 WIB
jadwal-seleksi-jalur-mandiri-ugm-ui-dan-itb-2023
Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM).. (Sumber: Kagama)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perguruan tinggi negeri (PTN) membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur, yaitu untuk tahun ini istilahnya mulai dikenal dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

Umumnya seleksi tersebut dibuka bertahap dan berurutan. Mulai dari SNBP, SNBT, kemudian yang terakhir adalah jalur mandiri.

Untuk seleksi SNBP sudah selesai dan terlewati, kemudian akan dilanjutkan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diperuntukan khususnya untuk seleksi SNBT dan bisa juga digunakan untuk jalur mandiri di beberapa PTN.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan STMKG 2023, Lulus Langsung Jadi CPNS di BMKG

Meskipun UTBK baru akan dilaksanakan, ternyata beberapa PTN telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa jalur mandiri.

Siapa kira juga, seleksi mandiri yang dibuka pada bulan Mei ini berasal dari PTN favorit seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Jalur mandiri yang dibuka oleh sejumlah universitas negeri tersebut bisa menjadi salah satu strategi bagi calon mahasiswa untuk memperluas peluang lolos di jurusan dan universitas yang dituju. 

Berikut jadwal pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di sejumlah PTN.

Jadwal Jalur Mandiri SIMAK UI 2023

Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Universitas Indonesia (UI) atau yang lebih dikenal dengan SIMAK UI terdiri dari beberapa kategori, yaitu SIMAK UI untuk jenjang Sarjana dan Vokasi, SIMAK UI Kelas Internasional, dan SIMAK UI Sarjana dan Vokasi RPL.

Dilansir dari laman resmi SIMAK UI, berikut merupakan jadwal jalur mandiri SIMAK UI 2023.

1. SIMAK UI S1 dan Vokasi (D3 dan D4)

  • Pendaftaran: Juni - Juli 2023 
  • Ujian: Juli 2023 
  • Pengumuman: Juli 2023 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x