Kompas TV otomotif news

10 Tips Meninggalkan Motor dalam Waktu yang Lama Saat Mudik agar Tidak Rusak

Kompas.tv - 18 April 2023, 06:12 WIB
10-tips-meninggalkan-motor-dalam-waktu-yang-lama-saat-mudik-agar-tidak-rusak
Ilustrasi penggantian oli sepeda motor. Berikut tips meninggalkan sepeda motor dalam waktu yang lama (Sumber: iStock Photo/Aleksey Shvedov)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi yang memiliki kendaraan roda dua di kota perantauan yang hendak ditinggal mudik tidak perlu khawatir, berikut tips meninggalkan motor dalam waktu yang lama.

Diketahui, arus mudik Lebaran 2023 sudah mulai terasa, artinya masyarakat Indonesia sudah mulai berbondong-bondong ke kampung halaman.

Untuk sampai ke kampung halaman, banyak perantau lebih memilih memakai kendaraan umum seperti bus, kereta api atau pesawat karena lebih nyaman daripada menggunakan sepeda motor.

Tapi konsekuensinya, motor harus ditinggal di rumah, indekos atau kontrakan untuk sementara waktu. Padahal, libur Lebaran 2023 cukup panjang.

Meninggalkan sepeda motor dalam waktu yang lama tentu membuat khawatir. Selain keamanaan, motor yang ditinggalkan selama berminggu-minggu bisa membuat aki soak dan cepat rusak.

Umumnya, sepeda motor yang ditinggalkan dalam waktu yang lama akan memiliki masalah seperti susah distarter karena tidak pernah dinyalakan.

Baca Juga: Mabuk Perjalanan saat Mudik hingga Muntah, Apakah Membatalkan Puasa?

Agar kondisi tersebut tidak terjadi, berikut tips meninggalkan motor dalam waktu yang lama, Selasa (18/4/2023).

Tips Meninggalkan Motor Saat Mudik

1. Pilih lokasi aman

Sebelum ditinggal mudik, pastikan sepeda motor Anda diletakkan di lokasi yang aman, misalnya di dalam rumah dengan pintu terkunci.

Jusri Pulubuhu, pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, jangan menaruh motor di garasi yang terlihat. Hal tersebut justru akan memancing oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Jika keadaan rumah memungkinkan, lebih baik parkirkan motor di dalam rumah saja, lalu pastikan gembok serta kunci rumah sudah cukup aman,” kata kata Jusri Pulubuhu, melansir Grid.oto.

2. Lepas aki motor

Menurut Jusri, motor yang ditinggal lebih dari seminggu bisa menimbulkan masalah pada bagian kelistrikkannya, terlebih jika jarang dipanasi.

Aki yang terus menerus terpasang pada motor tanpa dipanaskan dapat menurunkan performanya.

Biasanya hal ini ditandai dengan sulit distarter atau di kick starter saat akan dipakai kembali.

“Terutama kalau motor sudah tua, bisa timbul distrosi kelistrikkan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mencopot aki pada motor apabila ditinggal lama,” ucapnya.

2. Pastikan tangki bensin kosong

Saat meninggalkan motor dalam waktu lama sebaiknya kosongkan tangki bensin. Sebab, bahan bakar yang penuh tapi tidak digunakan dapat berpeluang basi, selain itu juga mencegah kebakaran.

Jusri menambahkan, pengosongan bensin pada tangki juga sebagai tindakan pencegahan terhadap pencurian.

“Preventif artinya, apabila tangki kosong maka tindakan kriminal seperti pencurian motor akan cenderung susah dilakukan," kata Jusri.

3. Kunci stang

Pencurian di masa mudik Lebaran menjadi salah satu momok menakutkan yang perlu diwaspadai oleh masyarakat 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x