Kompas TV olahraga kompas sport

Ali Dia, Tipuan Besar di Premier League dan Mengaku Sepupu George Weah

Kompas.tv - 3 Mei 2020, 18:45 WIB
ali-dia-tipuan-besar-di-premier-league-dan-mengaku-sepupu-george-weah
Ali Dia saat membela Southampton pada 1996. (Sumber: Irish Mirror)
Penulis : Haryo Jati

KOMPAS.TV - Saat ini nama Ali Dia mungkin tidak dikenal, namun di era 1990-an sosoknya sempat menggemparkan sepak bola Inggris, khususnya Premier League.

Dia bak Robinson Crusoe, yang muncul dari pulau antah berantah. Southampton secara mengejutkan mengontrak Dia selama sebulan pada 1996.

Menurut pelatih Southampton saat itu, Graeme Souness, mengungkapkan ada yang menghubunginya untuk memberikan Dia kesempatan beruji coba.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Berupaya agar Premier League Kembali Bergulir di Juni

Menurut orang itu, Dia adalah sepupu George Weah. Anehnya, Dia adalah orang Senegal, sedangkan Weah berkebangsaan Liberia.

Orang yang menghubungi Souness juga mengungkapkan Dia sempat bermain dengan Weah di Paris Sain-Germain (PSG) dan musim lalu bermain di klub divisi dua Liga Jerman.

Anehnya tanpa mengonfirmasi lebih lanjut, Souness memberikan Dia kesempatan beruji coba dan akhirnya mengontrak sang pemain.

Kedatangan Dia, membuat para pemain Southampton merasa aneh. Hal itu diungkapkan oleh legenda The Saints, Matt Le Tissier.

Baca Juga: Penyerang MU Odion Ighalo Yakin Bruno Fernandes Akan Bersinar di Premier League

“Dia datang ke lapangan dan berlatih bersama kami beberapa hari. Hal itu cukup aneh. Saya berpikir, ‘apa yang dilakukannya di sini?’. Sejujurnya saya pikir dia menang kompetisi,” katanya dilansir dari TalkSPORT.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x