Kompas TV olahraga sepak bola

Usai Kalahkan Vietnam, Erick Thohir Anggap Mental Timnas Indonesia Meningkat Signifikan

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 20:41 WIB
usai-kalahkan-vietnam-erick-thohir-anggap-mental-timnas-indonesia-meningkat-signifikan
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat berjumpa dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir jelang pertandingan lawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menganggap mental bertanding Timnas Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. 

Komentar tersebut diutarakan Erick usai Timnas Indonesia mengalahkan Vietnam dalam matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Putaran Kedua di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024). 

Dalam laga tersebut, Indonesia arahan Shin Tae-yong menang dengan skor 3-0 lewat gol-gol Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (24'), dan Ramadhan Sananta (90+8'). 

Baca Juga: Shin Tae-yong Komentari Pemecatan Pelatih Vietnam Philippe Troussier

Lain itu, ini merupakan kemenangan perdana Garuda di My Dinh sejak tahun 2004 silam. 

"Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan," ucap Erick, Selasa (26/3), dilansir dari laman resmi PSSI. 

Lewat kemenangan ini, peluang Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga semakin terbuka. 

Kini, skuad Garuda sudah memiliki koleksi 7 poin dari 4 pertandingan dan berada di posisi kedua Grup F di bawah pemuncak klasemen Irak (12 poin). 

Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan dari dua laga sisa untuk menyegel tiket putaran ketiga. Dua pertandingan sisa tersebut adalah melawan Irak dan Filipina.

Baca Juga: Soal Kontrak Baru di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Beri Jawaban Begini

Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah dalam dua laga tersebut yang bakal berlangsung bulan Juni mendatang. 

"Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni untuk lolos ke babak berikutnya," sambung Erick Thohir. 

"Masih ada dua laga terakhir, laga hidup mati untuk kita bisa lolos. Tetap fokus untuk kembali meraih hasil terbaik di dua laga berikutnya," ucap Erick.

Apabila lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia juga akan lolos otomatis ke Piala Asia 2027. 

Baca Juga: Update Ranking FIFA Timnas Indonesia: Garuda Melesat usai Kalahkan Vietnam Lagi


 



Sumber : Kompas TV/PSSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x