Kompas TV olahraga sepak bola

Update Ranking FIFA Timnas Indonesia: Garuda Melesat usai Kalahkan Vietnam Lagi

Kompas.tv - 27 Maret 2024, 00:16 WIB
update-ranking-fifa-timnas-indonesia-garuda-melesat-usai-kalahkan-vietnam-lagi
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam, Selasa (26/3/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ranking FIFA Timnas Indonesia kembali melesat naik setelah sukses kembali mengalahkan Vietnam dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Dalam duel Vietnam vs Indonesia yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024), skuad Garuda berhasil menang dengan skor telak 0-3. 

Tiga gol kemenangan Indonesia dicetak tiga pemain berbeda; Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (24'), dan Ramadhan Sananta pada menit 98. 

Melansir Footy Rankingskemenangan ini menambah +14,66 poin untuk Indonesia. Kini, Timnas Indonesia telah mengoleksi total 1102,7 poin FIFA dan akan naik ke peringkat 135. 

Baca Juga: Hasil Vietnam vs Indonesia: Menang 0-3, Tim Garuda Tegaskan Dominasi atas The Golden Star Warriors

Sementara itu, perolehan poin Vietnam berkurang 14,66 dan membuat Golden Star Warriors turun ke peringkat 115 FIFA. 

Terlepas dari itu, ini merupakan kemenangan perdana Indonesia di Stadion My Dinh dalam 20 tahun terakhir. Sebelumnya, Indonesia pernah mengalahkan Vietnam di My Dinh dalam ajang Piala Tiger 2004 dengan skor 3-0 via gol-gol Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma. 

Selain itu, ini adalah kemenangan ketiga beruntun Timnas Indonesia atas Vietnam. Melihat data 11v11, ini adalah kemenangan ketiga beruntun pertama Indonesia atas Vietnam dari total 30 pertemuan. 

Baca Juga: Vietnam Resmi Pecat Philippe Troussier usai Kalah dari Timnas Indonesia

Adapun, kemenangan atas Vietnam kali ini juga memperbesar peluang Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Kini, anak asuh Shin Tae-yong telah mengumpulkan 7 poin dari 4 pertandingan dan bertengger kokoh di peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Indonesia berjarak 5 poin dari pemuncak klasemen Irak, unggul 3 poin dari Vietnam, dan unggul 6 poin dari juru kunci Filipina. 

Selanjutnya, Indonesia masih menyisakan dua pertandingan lagi kontra Irak dan Filipina untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga. Indonesia akan berlaku sebagai tim kandang dalam dua laga itu dan dijadwalkan bergulir pada Juni mendatang. 


 




Sumber : Kompas TV/Footy Rankings


BERITA LAINNYA



Close Ads x