Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Inggris vs Brasil, Debut Dorival Junior sebagai Pelatih Tim Samba

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 19:05 WIB
jelang-inggris-vs-brasil-debut-dorival-junior-sebagai-pelatih-tim-samba
Pelatih baru Timnas Brasil, Dorival Junior akan melakoni debutnya menangani Tim Samba dalam laga persahabatan kontra Inggris di Stadion Wembley, Minggu (24/3/2024). (Sumber: The Guardian)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertandingan persahabatan antara Inggris vs Brasil yang akan berlangsung di Stadion Wembley, Minggu (24/3/2024) dini hari WIB bakal menjadi ajang debut Dorival Junior sebagai pelatih Tim Samba. 

Dorival ditunjuk sebagai pelatih Brasil menggantikan Fernando Diniz.

Dia bukan nama baru di sepak bola Brasil. Pelatih berusia 61 tahun itu sudah 22 tahun melintang sebagai pelatih di klub-klub Brasil macam Cruzeiro, Santos, Palmeiras, Flamengo, Santos, hingga Sao Paulo.

Namun, Dorival punya pekerjaan yang berat. Brasil yang ia tangani saat ini sedang dalam titik terendah. 

Selecao mengakhiri tahun 2023 dengan total kekalahan lebih banyak dibandingkan kemenangan. Jika ditotal, mereka sudah kalah lima kali, satu kali imbang, dan hanya menang tiga kali dari sembilan pertandingan. 

Baca Juga: Eks Pemain Timnas Vietnam Tak Mau Hanya Salahkan Philippe Troussier: Pemain Alami Kemunduran

Tiga kemenangan itu pun diraih dari tim-tim yang levelnya di bawah Brasil; Guiea, Boliva, dan Peru. 

Brasil memecahkan rekor-rekor negatif termasuk kalah pertama kalinya di laga kandang Kualifikasi Piala Dunia dari Argentina dan kalah tiga kali beruntun di ajang yang sama. 

Dari enam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Brasil sudah kebobolan tujuh gol, lebih banyak dibandingkan kampanye mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (kebobolan 5 dari 17 laga). 

"Terkadang sangat mudah untuk melempar batu, menuding. Sebaliknya, saya ingin sebaliknya, agar kita semua menyadari bahwa ini bukan waktu yang menyenangkan [bagi Seleção], tetapi kita dapat meminta bantuan orang-orang untuk mulai mencari solusi," kata Dorival dikutip dari The Guardian. 

Baca Juga: Timnas Jerman Pisah dengan Adidas, Gandeng Nike sebagai Pengganti

Di sisi lain, Timnas Inggris tengah dalam tren positif. The Three Lions belum pernah kalah sejak laga perempat final Piala Dunia 2022 kontra Prancis. 

"Inggris adalah tim dengan kualitas terbaik dan mereka menunjukkan hal tersebut di setiap langkahnya saat ini. Ini adalah tim yang masih terus berkembang, namun mereka melakukannya dengan sangat cepat," kata Dorival.

"Gareth Southgate telah memiliki pemahaman yang sangat jelas mengenai potensi skuadnya dan ia memiliki pemain-pemain yang bermain di salah satu liga paling kompetitif di dunia."

"Selain itu, para pemain ini bergerak menjauh dari apa yang dikenal sebagai cara tradisional tim-tim Inggris bermain selama bertahun-tahun. Saat ini mereka memiliki lebih banyak penguasaan bola, lebih banyak transisi dan pergerakan terobosan," ucapnya. 

Baca Juga: Eks Pemain Timnas Vietnam Tak Mau Hanya Salahkan Philippe Troussier: Pemain Alami Kemunduran

Rekor Head to Head Inggris vs Brasil

  • 15/11/17 Inggris 0-0 Brasil (Persahabatan)
  • 03/06/13 Brasil 2-2 Inggris (Persahabatan)
  • 07/02/13 Inggris 2-1 Brasil (Persahabatan)
  • 15/11/09 Brasil 1-0 Inggris (Persahabatan)
  • 02/06/07 Inggris 1-1 Brasil (Persahabatan).


Sumber : BBC Sport/The Guardian/Soccerway


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x