Kompas TV olahraga sepak bola

Sebut Pemain Tak Disiplin dan Santai, Shin Tae-yong Ungkap Cara Perbaiki Mental Timnas Indonesia

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 17:14 WIB
sebut-pemain-tak-disiplin-dan-santai-shin-tae-yong-ungkap-cara-perbaiki-mental-timnas-indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memperhatikan timnya kalah dari Australia 0-4 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024), pada babak 16 besar Piala Asia 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong mengungkapkan cara memperbaiki mental skuad Timnas Indonesia. 

Pelatih asal Korea Selatan itu ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019 dan perlahan membuat perubahan positif di skuad Garuda. 

Selama empat tahun kepemimpinannya, Shin Tae-yong berhasil membawa Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Ini merupakan kelolosan perdana Indonesia sejak 2007. 

Selain itu, eks pelatih Timnas Korea Selatan itu juga sukses membawa Indonesia melangkah hingga babak 16 besar Piala Asia 2023. Sebuah pencapaian yang belum pernah ditorehkan para pelatih Timnas Indonesia sebelumnya. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Berpeluang Tinggalkan Timnas Indonesia, Siapa Pelatih yang Cocok Jadi Penggantinya?

Kala pertama kali datang sebagai pelatih, Shin Tae-yong mengakui para pemain Indonesia tidak disiplin dan cenderung santai. 

“Indonesia memiliki indeks kebahagiaan yang tinggi, sehingga para pemain juga berusaha untuk tidak menghadapi situasi sulit," ujar Shin Tae-yong, Rabu (31/1) dikutip dari BolaSport

"Mengubah pola pikir ini adalah hal yang paling sulit," imbuhnya. 

Adapun Shin Tae-yong juga menerapkan prinsip-prinsip kejujuran kepada para pemain Timnas Indonesia. Pelatih berusia 53 itu tidak akan menoleransi jika ada pemain yang berbohong. 

Skuad Garuda juga diajarkan agar mengakui kesalahan dan belajar agar tidak mengulanginya. 



Sumber : Kompas TV/BolaSport

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.