Kompas TV olahraga sports

Perbasi Mencari 100 Pemain Basket untuk Dikirim ke Lithuania, Kamu Salah Satu Diantaranya?

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 00:00 WIB
perbasi-mencari-100-pemain-basket-untuk-dikirim-ke-lithuania-kamu-salah-satu-diantaranya
Ilustrasi. Para pebasket usia muda berhadapan dalam gelaran Livin By Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2022 Seri Jabodetabek, Maret 2022 lalu. Turnamen basket 3X3 ini terverifikasi FIBA serta PP Perbasi. (Sumber: Dokumentasi panitia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Pusat (PP) Perbasi sedang mencari pemain basket berbakat berusia 14 hingga 18 tahun untuk menjadi bagian dari program spektakuler yang akan dimulai bulan depan, federasi Bola basket nasional itu akan mencari pemain muda untuk dikirim latihan bersama ke Lithuania. 

Untuk mendapatkan pemain, Perbasi akan melakukan scouting terhadap pemuda ke daerah-daerah seluruh Indonesia. Teknisnya, federasi basket Indonesia itu bersama pelatih nasional datang ke daerah untuk memantau pemain. 

Scouting akan dilakukan selama 1-29 Februari. Kami mencari 100 pemain usia 14 hingga 18 tahun kemudian dikumpulkan untuk diseleksi secara langsung, rencananya di Jakarta,” ujar Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi melalui siaran pers yang diterima Kompas.tv, Rabu (24/1/2024).

Seleksi nasional ini, lanjut Nirmala, rencananya dilakukan pada awal Maret. Nanti kualitas para pemain muda ini akan dinilai langsung oleh pelatih rekomendasi federasi Bolabasket Lithuania.

“Dipilih Maret karena Lithuania fokus menyelesaikan babak kualifikasi EuroBasket Februari 2024. Setelah itu, pelatih dari Lithuania akan melakukan seleksi terhadap 100 pemain muda Indonesia,” ujar dia.

Adapun Ketum PP Perbasi Danny Kosasih menjelaskan bahwa dari hasil scouting 100 pemain muda ini akan diciutkan menjadi 15 nama saja. Mereka yang terpilih adalah atlet yang memenuhi kriteria.

“Syarat utamanya adalah postur tubuh. Harus tinggi. Ini sesuai dengan hasil diskusi dengan federasi Bolabasket Lithuania,” jelas Danny.

Setelah itu 15 pemain hasil seleksi ini diberangkatkan ke Lithuania untuk mendapatkan tempaan langsung dari Pelatih Lithuania. Diharapkan, mereka nanti kembali dari Lithuania bisa menjadi satu tim yang bisa menjadi andalan masa depan Indonesia.

“Para pemain ini nanti akan berada di Lithuania selama 6 bulan,” terang mantan pelatih tim basket Satya Wacana Salatiga itu.

Danny menjelaskan, terkait usia maksimal 18 tahun yang dicari agar Perbasi memiliki stok melimpah untuk kategori usia ini. Harapannya, ke depan Perbasi bisa leluasa menghadapi berbagai ajang internasional.

Baca Juga: Liga Basket Mahasiswa 2023 di GOR Kertajaya Surabaya: UBAYA Juarai 5 Kategori Putri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x