Kompas TV olahraga sepak bola

Skenario Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023: Adakah Peluang Meski Kalah dari Jepang?

Kompas.tv - 22 Januari 2024, 19:00 WIB
skenario-timnas-indonesia-lolos-16-besar-piala-asia-2023-adakah-peluang-meski-kalah-dari-jepang
Skuad Timnas Indonesia di laga Grup D Piala Asia 2023 kontra Irak, Senin (15/1/2024) di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar. (Sumber: AP Photo/Hussein Sayed)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan menjalani laga penentuan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 kontra Jepang pada Rabu (24/1/2024) lusa di Stadion Al Thumama, Qatar. 

Untuk sementara, baik Indonesia maupun Jepang sama-sama mengoleksi 3 poin dari 2 laga Grup D. Jepang berhak di peringkat kedua lantaran unggul selisih gol atas Indonesia. 

Pada saat yang bersamaan, dua tim penghuni Grup D lainnya, Irak dan Vietnam juga akan saling berhadapan. 

Adapun Irak sudah mengumpulkan 6 poin dari 2 laga dan dipastikan lolos ke 16 besar. Sedangkan Vietnam juga sudah dipastikan tersingkir dari Piala Asia 2023 karena belum mengumpulkan satu pun poin 

Baca Juga: Fakta-Fakta Jelang Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023: Garuda Pernah Bantai Samurai Biru 7-0

Andai nantinya Vietnam mampu mengalahkan Irak, mereka tetap finis sebagai juru kunci karena kalah head to head dari Jepang dan Indonesia. 

Artinya, laga Irak vs Vietnam tidak memiliki pengaruh terhadap perjuangan Indoesia melawan Jepang. 

Lantas, bagaimana skenario Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023? 

1. Menang atas Jepang

Walaupun terlihat mustahil, Timnas Indonesia akan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai runner up Grup D jika sanggup mengalahkan Jepang, berapapun skornya. 

Dengan demikian, Indonesia akan mengumpulkan 6 poin dari 2 laga. Sedangkan Jepang akan finis di peringkat ketiga dengan 3 poin. 

2. Tahan Imbang Jepang

Di atas kertas, menahan imbang Jepang adalah target yang paling realistis untuk Timnas Indonesia. 

Baca Juga: Piala Asia 2023: Media Jepang Soroti Asnawi Mangkualam, Disebut Agresif Layaknya Komodo

Akan tetapi, jika hasil ini benar-benar tercipta, Jepang akan lolos ke 16 besar sebagai runner up Grup D. Nantinya, Indonesia dan Jepang akan sama-sama mengoleksi 4 poin, tetapi Samurai Biru unggul head to head dan agresivitas gol. 

Saat ini, Jepang sudah membuat lima gol, sementara Indonesia baru dua. Walau demikian, koleksi 4 poin masih membuka peluang Garuda lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik. 

3. Kalah dari Jepang

Melihat kualitas dan pengalaman, kalah dari Jepang merupakan hasil yang tidak mengejutkan dan sidah banyak diprediksi oleh orang-orang.

Meskipun Jepang hanya membutuhkan satu poin tambahan untuk lolos, kekalahan dari Irak dan status tim favorit juara diyakini bakal melecut skuad Hajime Moriyasu untuk mengakhiri fase grup dengan kemenangan. 

Baca Juga: Jelang Indonesia vs Jepang, Penyerang Samurai Biru Enggan Remehkan Garuda

Lain itu, kendati nantinya Indonesia kalah, skuad Garuda penting untuk bisa mencetak gol dan seminim mungkin kebobolan untuk menjaga dan memperbesar peluang lolos sebagai peringkat tiga terbaik. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x