Kompas TV olahraga sepak bola

Asnawi Mangkualam Jadi Penentu Kemenangan Timnas Indonesia Lewat Penalti, Pengakuannya Mengejutkan

Kompas.tv - 20 Januari 2024, 08:43 WIB
asnawi-mangkualam-jadi-penentu-kemenangan-timnas-indonesia-lewat-penalti-pengakuannya-mengejutkan
Asnawi Mangkualam merayakan gol dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia vs Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024). (Sumber: AP Photo/Hussein Sayed)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

DOHA, KOMPAS.TV - Asnawi Mangkualam jadi penentu kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam pada laga Grup D Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Jumat (19/1/2023). Kemenangan itu berkat gol tunggal Asnawi lewat eksekusi penalti di menit ke-42.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam, Shin Tae-Yong Soroti Kekurangan Timnya

Ia memberikan pengakuan mengejutkan terkait keputusan dirinya menjadi eksekutor penalti.

Eks pemain Jeonnam Dragons itu mengaku dirinya pasrah ditunjuk pelatih Shin Tae-yong untuk mengeksekusi penalti.

“Memang itu instruksi dari pelatih dan sudah ditentukan. Siapa pun yang diberikan tanggung jawab harus siap mengeksekusi dengan baik dan bantu tim menuju kemenangan. Jadi siapa saja harus siap,” katanya dikutip dari Antara.

Ia pun mengaku menyerahkan diri kepada Tuhan saat akan mengeksekui penalti. Beruntung sepakannya sukses berbuah gol tanpa bisa ditahan Kiper Vietnam Nguyen Filip. “Alhamdulilah saya bisa mengeksekusi dengan tenang,” tuturnya.

Ia pun menambahkan dirinya tegang saat akan melakukan eksekusi, namun ia sudah menyiapkan mental dan tenik saat ditunjuk sebagai eksekutor.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyebut kesuksesan Asnawi mengeksekusi penalti berkat kepercayaan dirinya yang meningkat.

“Saya pikir Asnawi lebih percaya diri, meski belum mencetak gol sebelum pertandingan,” kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Jungkalkan Vietnam, Timnas Indonesia Pimpin Klasemen Peringkat Ketiga Terbaik

“Ia merasa baik dan sangat menguasai bola. Beruntung Asnawi menendang penalti dengan benar. Mampu membawa kemenangan buat kami,” ujarnya.

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia menduduki posisi ketiga Grup D Piala Asia 2023.

Peluang Timnas Indonesia melaju ke baba 16 besar pun tetap terbuka, mengingat saat ini Timnas Indonesia berada di posisi teratas peringkat ketiga terbaik.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x