Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Irak vs Jepang di Piala Asia 2023: Singa Mesopotamia Lukai Samurai Biru

Kompas.tv - 19 Januari 2024, 20:56 WIB
hasil-irak-vs-jepang-di-piala-asia-2023-singa-mesopotamia-lukai-samurai-biru
Striker Irak Aymen Hussein (tengah) merayakan golnya ke gawang Jepang dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2023 di Stadoin Educational City, Qatar, Jumat (19/1/2024). (Sumber: AP Photo/Aijaz Rahi)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Irak berhasil menciptakan hasil kejutan di Piala Asia 2023 dengan mengalahkan favorit juara Jepang. 

Dalam duel Irak vs Jepang yang berlangsung di Stadion Educational City, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB, Singa Mesopotamia berhasil melukai Samurai Biru dengan skor tipis 2-1. 

Irak memberikan kejutan kepada Jepang lewat gol cepat menit ke-5 Aymen Hussein. Upaya kiper Jepang, Zion Suzuki, untuk menepis bola hasil crossing Ali Jasim tidak berhasil sempurna, dan bola mengarah ke Aymen Hussein yang merespons dengan menyundul bola masuk ke gawang.

Aymen Hussein kembali mencetak gol pada menit ke-40+4 setelah menerima crossing matang dari Ahmed Al Hajjaj di dalam kotak penalti Jepang. Tandukan sempurna Aymen Hussein gagal dibendung Zion Suzuki. 

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Vietnam di Piala Asia 2023, Kick Off Jam 21.30 WIB

Hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, skor 2-0 untuk keunggulan Irak tidak berubah. 

Berlanjut ke paruh kedua laga, Jepang mulai memasukkan sejumlah pemain depan macam Ritsu Doan, Ayase Ueda, hingga Daizen Maeda.

Pada menit 56, wasit memberikan hadiah penalti kepada Jepang setelah Takumi Asano dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh bek Irak, Rebin Sulaka.

Kendati demikian, usai melakukan tinjauan ulang menggunakan VAR, Sulaka melakukan tekel bersih kepada Asano dan wasit merevisi keputusannya. Jepang tidak mendapatkan penalti. 

Pertahanan solid Irak akhirnya jebol pada menit 90+6 lewat gol gelandang Liverpool, Wataru Endo.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Kiper Vietnam Anggap Indonesia Setara dengan Jepang

Namun, gol tersebut belum cukup untuk menghindarkan Jepang dari kekalahan. 

Skor 2-1 untuk kemenangan Irak bertahan hingga laga berakhir. Irak berhak melaju ke babak 16 besar dan menodai rekor 11 kemenangan beruntun Jepang di lintas kompetisi. 


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x