Kompas TV olahraga sports

Lisa Rumbewas Meninggal Dunia, Jokowi: Saya Ingat Betul, Lisa Telah Membawa Nama Baik Indonesia

Kompas.tv - 14 Januari 2024, 19:00 WIB
lisa-rumbewas-meninggal-dunia-jokowi-saya-ingat-betul-lisa-telah-membawa-nama-baik-indonesia
Raema Lisa Rumbewas dari Indonesia gagal dalam angkat besi grup A kelas 53 kg putri pada Olimpiade Beijing 2008 di Gimnasium Universitas Aeronautika dan Astronautika Beijing pada 10 Agustus 2008. Legenda angkat besi Lisa Raema Rumbewas meninggal dunia pada Minggu (14/1/2024) dini hari WIT di RSUD Jayapura. (Sumber: AFP via TribunSumsel)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan rasa bela sungkawa atas kepergian Lisa Rumbewas, seorang atlet angkat besi legendaris yang pernah menjadi kebanggaan Indonesia. 

Dalam ucapan yang dibagikan melalui akun Instagram resminya, Jokowi menyoroti kontribusi luar biasa yang telah diberikan oleh Lisa dalam mengangkat prestasi olahraga Indonesia.

Dalam unggahan tersebut, Presiden Jokowi menyatakan rasa kehilangan atas berpulangnya Lisa Rumbewas. Ia mencatat bagaimana atlet angkat besi tersebut telah berhasil mengukir sejarah dengan prestasinya yang gemilang, membawa pulang tiga medali dari ajang Olimpiade. 

Jokowi juga menegaskan bahwa Lisa Rumbewas merupakan sosok yang telah memberikan kontribusi besar dalam mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, khususnya dalam dunia olahraga.

"Saya ingat betul, Lisa telah membawa nama baik Indonesia dengan sejumlah prestasi yang sangat membanggakan. Peraih medali di tiga Olimpiade berbeda. Perak di Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004, serta perunggu di Olimpiade Beijing 2008," tulis Presiden di @jokowi, Minggu (14/1). 

"Saya berbelasungkawa atas berpulangnya Lisa Rumbewas. Semoga mendiang Lisa mendapatkan tempat yang mulia di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Doa untuk kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan. Semoga jasanya sebagai Pahlawan Olahraga selalu dikenang, dan menginspirasi para atlet Indonesia," tambah Jokowi.

Baca Juga: Jelang Piala Asia 2023, Waketum PSSI Ungkap Dua Masalah Klasik Timnas Indonesia

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Theofransus Litaay menyampaikan berpulangnya lifter nasional Raema Lisa Rumbewas merupakan kehilangan bagi negara.

"Secara pribadi kami turut berduka dan mendoakan keluarga yang berduka diberikan ketabahan. Lisa Rumbewas merupakan atlet berprestasi level dunia dengan tiga kali Olimpiade yang diikutinya sejak Sydney 2000, Athena 2004, dan Beijing 2008," kata Theofransus, Minggu, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan perjuangan dan prestasi Lisa Rumbewas kiranya dapat menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi para atlet muda, baik di Papua maupun seluruh Indonesia, serta dikenang sebagai kenangan terindah olahraga nasional.

Profil dan Daftar Prestasi Lisa Rumbewas

  • Nama Lengkap: Lisa Raema Rumbewas
  • Panggilan akrab: Lisa
  • Tempat, tanggal lahir: Jayapura, Papua, 10 September 1980
  • Ayah: Levi Rumbewas (atlet binaragawan)
  • Ibu: Ida Korwa (atlet angkat besi)

Daftar Prestasi Lisa Rumbewas:

  • Medali perunggu Olimpiade Sydney 2000 - kelas 48kg
  • Medali perak Olimpiade Athena 2004 - kelas 53kg.
  • Medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 - kelas 53kg.
  • Medali perak SEA Games 2001 Kuala Lumpur - kelas 48kg
  • Medali perunggu Asian Games 2002 Busan - kelas 48kg
  • Medali perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 Santo Domingo - kelas 53kg

Baca Juga: Profil Lisa Rumbewas, Atlet Asal Papua yang Berhasil Bawa Pulang Medali dari Olimpiade Athena 2004


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x