Kompas TV olahraga sports

Profil Lisa Rumbewas, Atlet Asal Papua yang Berhasil Bawa Pulang Medali dari Olimpiade Athena 2004

Kompas.tv - 14 Januari 2024, 17:17 WIB
profil-lisa-rumbewas-atlet-asal-papua-yang-berhasil-bawa-pulang-medali-dari-olimpiade-athena-2004
Lisa Rumbewas mendapat ciuman dari ibunya seusai meraih medali perak Olimpiade Athena 2004 nomor angkat besi di kelas 53 kilogram. Raema Lisa Rumbewas nama lengkapnya meninggal dunia pada hari ini, Minggu (14/1/2024). (Sumber: Kompas/Arbain Rambey)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berita duka datang dari dunia olahraga Indonesia dengan berpulangnya seorang legenda angkat besi, Lisa Rumbewas pada Minggu (14/1/2024) dini hari tadi di RSUD Jayapura, Papua.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Theofransus Litaay menyampaikan berpulangnya lifter nasional Raema Lisa Rumbewas merupakan kehilangan bagi negara.

"Secara pribadi kami turut berduka dan mendoakan keluarga yang berduka diberikan ketabahan. Lisa Rumbewas merupakan atlet berprestasi level dunia dengan tiga kali Olimpiade yang diikutinya sejak Sydney 2000, Athena 2004, dan Beijing 2008," kata Theofransus, Minggu, dikutip dari Antara.

Dia mengatakan perjuangan dan prestasi Lisa Rumbewas kiranya dapat menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi para atlet muda, baik di Papua maupun seluruh Indonesia, serta dikenang sebagai kenangan terindah olahraga nasional.

Profil Lisa Rumbewas

Raema Lisa Rumbewas nama lengkapnya, lahir pada 10 September 1980 di Jayapura, Papua, telah meninggalkan jejak prestasi yang gemilang di dunia angkat besi Indonesia.

Salah satu capaian terbesarnya adalah meraih tiga medali Olimpiade, menjadikannya sebagai salah satu atlet paling sukses di Tanah Air.

Prestasi pertama Lisa Rumbewas tercatat pada Olimpiade Sydney 2000, di mana beliau meraih medali perunggu di kelas 48kg. Keberhasilan ini menjadi awal dari rangkaian prestasi gemilangnya.

Empat tahun kemudian, pada Olimpiade Athena 2004, Lisa Rumbewas mengukir prestasi dengan menyabet medali perak di kelas 53kg.

Kesuksesan kembali diraih pada Olimpiade Beijing 2008, di mana beliau meraih medali perunggu, meskipun penerimaan medali tersebut baru dilakukan pada 3 Desember 2017 di Jakarta.

Lisa Rumbewas bukan hanya menyinari panggung Olimpiade, tetapi juga mengukir prestasi di berbagai ajang olahraga lainnya.

Meskipun sempat finis di posisi keempat di bawah atlet asal Belarusia, Nastassia Novikava, Lisa Rumbewas akhirnya mendapatkan medali perunggu setelah medali Novikava dicabut karena penggunaan doping turinabol dan stanozol.

Baca Juga: Kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir usai Jay Idzes Resmi Jadi WNI

Prestasinya yang gemilang tidak hanya menjadi inspirasi bagi generasi atlet muda, tetapi juga menyisakan kenangan indah dalam sejarah olahraga Indonesia.

Kepergiannya meninggalkan duka yang mendalam, namun warisan prestasinya akan terus dikenang oleh seluruh penggemar olahraga di Tanah Air.

Raema Lisa Rumbewas dari Indonesia gagal dalam angkat besi grup A kelas 53 kg putri pada Olimpiade Beijing 2008 di Gimnasium Universitas Aeronautika dan Astronautika Beijing pada 10 Agustus 2008. Legenda angkat besi Lisa Raema Rumbewas meninggal dunia pada Minggu (14/1/2024) dini hari WIT di RSUD Jayapura. (Sumber: AFP via TribunSumsel)

Profil dan Daftar Prestasi Lisa Rumbewas

  • Nama Lengkap: Lisa Raema Rumbewas
  • Panggilan akrab: Lisa
  • Tempat, tanggal lahir: Jayapura, Papua, 10 September 1980
  • Ayah: Levi Rumbewas (atlet binaragawan)
  • Ibu: Ida Korwa (atlet angkat besi)

Daftar Prestasi Lisa Rumbewas:

  • Medali perunggu Olimpiade Sydney 2000 - kelas 48kg
  • Medali perak Olimpiade Athena 2004 - kelas 53kg.
  • Medali perunggu Olimpiade Beijing 2008 - kelas 53kg.
  • Medali perak SEA Games 2001 Kuala Lumpur - kelas 48kg
  • Medali perunggu Asian Games 2002 Busan - kelas 48kg
  • Medali perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2006 Santo Domingo - kelas 53kg

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Irak: Garuda Belum Pernah Kalah di Laga Pembuka Piala Asia


 



Sumber : Kompas TV, Antara, Tribun News


BERITA LAINNYA



Close Ads x