Kompas TV olahraga sepak bola

Jepang Terancam Kehilangan Kaoru Mitoma di Piala Asia 2023

Kompas.tv - 28 Desember 2023, 21:17 WIB
jepang-terancam-kehilangan-kaoru-mitoma-di-piala-asia-2023
Kaoru Mitoma merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Australia dalam kemenangan 0-2 Jepang dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Kamis (24/3/2022). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Jepang terancam kehilangan penyerang bintangnya, Kaoru Mitoma di Piala Asia 2023. 

Pemain yang membela klub Premier League Inggris Brighton & Hove Albion dikabarkan mendapat cedera angkle atau pergelangan kaki. 

Manajer Brighton, Roberto De Zerbi mengungkapkan pemain yang biasa beroperasi di sayap kiri itu bakal absen kurang lebih empat sampai enam pekan. 

Juru taktik asal Italia itu juga meragukan Mitoma dapat tampil membela Jepang di Piala Asia 2023.

“Besok (Kamis WIB, lawan Tottenham Hotspurs) kami memiliki kurang lebih 10 pemain yang cedera, mungkin kurang, mungkin delapan, tetapi dua pemain tidak bisa memulai permainan," kata De Zerbi, Rabu (27/12/2023) dikutip dari laman resmi Brighton.

Baca Juga: Persiapan Piala Asia, Pelatih Terus Tingkatkan Stamina Para Pemain Timnas

"Kami telah kehilangan Kaoru selama sekitar empat, lima atau enam minggu. Saya pikir tidak (berpartisipasi di Piala Asia 2023 bersama Jepang), tapi saya tidak tahu,” tambahnya.

Untuk diketahui, Piala Asia 2023 akan mulai bergulir pada 12 Januari 2024 mendatang atau kurang dari satu bulan lagi sejak berita ini ditulis. 

Apabila Mitoma benar-benar absen, hal tersebut akan menjadi pukulan tersendiri bagi Jepang. Bersama Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Wataru Endo (Liverpool), Daichi Kamada (Lazio), hingga Ritsu Doan (Freiburg), Mitoma merupakan pilar utama Samurai Biru. 

Mitoma juga punya catatan apik kala membela Brighton di paruh musim ini. Dari 24 penampilan, winger berusia 26 tahun sudah menyumbang tiga gol dan enam assist untuk The Seagulls. 


Baca Juga: Kapan Pemain Timnas Indonesia yang Main di Eropa Gabung TC Piala Asia? Shin Tae-yong Beri Bocoran

Sebagai informasi tambahan, Jepang tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama Timnas Indonesia, Irak, dan Vietnam. 

Jepang akan mengawali petualangannya di Piala Asia 2023 dengan melawan Vietnam pada 14 Januari, menantang irak lima hari setelahnya, dan terakhir menjajal Timnas Indonesai pada 24 Januari 2024. 

Walau berpotensi kehilangan Mitoma, Jepang tetap menjadi favorit juara Piala Asia 2023. Pada edisi sebelumnya (2019), Samurai Biru sukses melaju ke final dan menjadi runner up. 

Lain itu, Jepang merupakan tim tersukses di Piala Asia dengan koleksi empat gelar (1992, 2000, 2004, dan 2011). 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x