Kompas TV olahraga sepak bola

Menpora Sebut Skuad Garuda Muda Tunjukkan Progres Positif di Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023

Kompas.tv - 22 November 2023, 17:59 WIB
menpora-sebut-skuad-garuda-muda-tunjukkan-progres-positif-di-piala-dunia-u17-fifa-indonesia-2023
Menpora Dito Ariotejdo. (Sumber: Dok. Kemenpora)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Meski tidak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U17 FIFA Indonesia 2023, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut skuad Garuda Muda sudah menunjukkan progres yang positif.

Seperti diketahui, skuad Garuda Muda menyelesaikan babak penyisihan Grup A di peringkat tiga, dengan hasil dua kali imbang dan menelan satu kekalahan.

Indonesia bermain imbang 1-1 saat menghadapi Timnas U17 Ekuador dan Timnas U17 Panama.

Kemudian, Indonesia kemudian menelan pil pahit usai dikalahkan Maroko dengan skor 1-3 dari Maroko pada laga pamungkas yang diadakan di Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (13/11). 

Hasil tersebut membuat Indonesia finis di peringkat ketiga klasemen Grup A dengan enam poin.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023: Uzbekistan Percaya Diri Bisa Singkirkan Inggris di Babak 16 Besar

"Saya rasa kalau untuk sepak bola, kita tidak bisa melihat dari target pendek sekarang. Tapi yang harus kita optimis adalah bagaimana saat ini, baik dari PSSI, pemerintah, dan pengelolaan timnas saat ini progresif, dan banyak sekali langkah-langkah seperti scouting diaspora, (merekrut) direktur teknik dari Jerman, dan bagaimana atlet-atlet muda dan senior kita ini dikirim ke internasional dan melihat bagaimana perkembangannya,” jelas Menpora Dito di Wisma Kemenpora RI Jakarta, Rabu.

“Sudah bisa seri (saat laga melawan Ekuador dan Panama) sudah bagus, sih,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pengembangan kualitas dan kemampuan para pemain tidak bisa terlihat dengan instan dan membutuhkan waktu.

“Ini kan belum sampai dua tahun, ya. Kita harus lihat trennya. Marilah kita berikan kesempatan, waktu, kita lihat hasilnya setelah (target) menengah,” kata Dito.

Sementara untuk timnas senior, Indonesia kembali mencatatkan skor imbang 1-1 atas Filipina pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (21/11).

Menpora mengatakan, Indonesia masih memiliki peluang untuk bermain lebih solid di pertandingan mendatang.

“Masih ada harapan, dan ini pertandingannya belum selesai. Dan saya rasa PSSI sudah melakukan evaluasi, jadi kita lihat saja seperti apa nanti pertandingan selanjutnya,” kata Dito seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023: Lawan Senegal Malam Ini, Prancis Andalkan Set Piece



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x