Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia Belum Raih Kemenangan di Piala Dunia U17, Fakhri Husaini: Timnas U17 Layak Diapresiasi

Kompas.tv - 14 November 2023, 22:25 WIB
indonesia-belum-raih-kemenangan-di-piala-dunia-u17-fakhri-husaini-timnas-u17-layak-diapresiasi
Fakhri Husaini mengatakan hasil yang diraih Timnas U17 Indonesia di Piala Dunia U17 2023 patut diapresiasi. (Sumber: Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 Surabaya)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Mantan pelatih Timnas U16 Indonesia, Fakhri Husaini, menyebut raihan Timnas U17 Indonesia di Piala Dunia U17 2023 sejauh ini, patut diapresiasi.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U17 telah mengemas dua angka dari dua pertandingan yang telah dijalani di Piala Dunia U17 2023. 

Di laga perdana Grup A, skuad asuhan Bima Sakti bermain imbang 1-1 saat melawan Ekuador.

Sementara di laga kedua, Arkhan Kaka dan kawan-kawan juga bermain imbang 1-1 dengan Panama. 

Meski belum menelan kekalahan, hasil yang diraih Timnas U17 Indonesia itu dinilai masih mengecewakan.

Bahkan publik juga mengkritik permainan skuad Garuda Muda karena dinilai menunjukkan permainan yang kurang bagus 

Namun menurut Fakhri, Timnas U17 sudah tampil cukup apik di Piala Dunia U17 2023 dan patut diapresiasi.

“Ini penampilan yang patut kita apresiasi ketika banyak kritik. Coach Bima sudah memberikan yang terbaik sampai sejauh ini. Penampilan timnas terutama pertahanan, sampai sejauh ini cukup baik,” katanya dalam konferensi pers di Pusat Informasi Piala Dunia U17 Surabaya di Grand Swiss Belhotel Darmo, Surabaya, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023 Sepi Penonton, Menpora: Kalau Bukan Timnas yang Main, Pasti Peminatnya Sedikit

“Kemasukan dua gol saja. Pertama lawan tim sekelas Ekuador kemudian menahan Panama tentu perjuangan pemain-pemain masa depan kita perlu diberi apresiasi."

"Perlu kita berikan semangat agar mereka bisa tumbuh berkembang. Apabila waktunya tiba, mereka akan memberi kontribusi positif untuk sepak bola Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Fakhri menilai Timnas Indonesia U17 mencatat perkembangan signifikan dalam dua pertandingan melawan Ekuador dan Panama. 

“Penampilan lawan Panama itu jauh lebih impresif dibanding laga pertama lawan Ekuador. Saat melawan Ekuador, kita kalah jauh. Tapi, saat melawan Panama, saya melihat Bima memberi arahan agar keluar menyerang,” jelasnya.

“Ketika tertinggal, satu-satunya cara untuk keluar adalah menyerang. Sampai akhirnya lahir gol sundulan dari Arkhan Kaka. Tentu, Coach Bima dan tim pelatih akan melakukan evaluasi,” imbuh pria yang kini menjabat sebagai Direktur Akademi Deltras FC itu.

Terakhir, Fakhri pun masih optimistis Timnas U17 Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U17 2023. Dengan catatan, Timnas U17 mampu tampil menyerang dan meraih kemenangan atas Maroko di laga terakhir.

“Saya tidak ingin terlalu dalam membahas taktik. Tapi, yang jelas, kalau hanya bertahan, kita akan sulit menang. Hanya dengan menyerang kita akan mencetak gol. Yang paling realistis, kalau mau lolos harus menang di pertadingan melawan Maroko,” pungkasnya.

Timnas U17 Indonesia akan melakoni laga terakhir Grup A menghadapi Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (16/11/2023). 

Baca Juga: Tinggalkan Euforia, Inggris Optimistis Raih Poin Penuh Kontra Iran di Piala Dunia U-17 2023


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x