Kompas TV olahraga sepak bola

Janji Presiden FIFA Bantu Sepak Bola Indonesia Lebih Maju

Kompas.tv - 10 November 2023, 15:02 WIB
janji-presiden-fifa-bantu-sepak-bola-indonesia-lebih-maju
Presiden FIFA Gianni Infantino bersiap menerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023). (Sumber: ANTARA/Yashinta Difa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino mengatakan FIFA akan membantu sepak bola Indonesia menjadi lebih maju.

Menurut Infantino, Indonesia mempunyai potensi untuk berkembang di dunia sepak bola mengingat besarnya populasi Indonesia serta semangat dan kecintaan penduduknya terhadap olahraga 11 vs 11 itu. 

“Sepak bola adalah olahraga nomor satu di Indonesia. Namun, yang penting kita tidak hanya fokus pada sepak bola di Indonesia saja, tetapi bagaimana bisa memainkan peran penting di Asia dan dunia,” kata Infantino usai menerima anugerah Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023), dikutip dari Antara.

Untuk membawa sepak bola Indonesia lebih maju, dia pun menegaskan, FIFA siap bekerja sama lebih erat dengan Indonesia.

Bahkan saat ini, FIFA sudah membuka kantor di Jakarta sebagai bentuk komitmen mereka.

FIFA memutuskan membuka kantornya di Jakarta karena insiden tragis sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, tahun lalu yang menyebabkan ratusan korban jiwa dan luka-luka.

“Ketika saya datang ke sini tahun lalu setelah peristiwa tragis yang terjadi, kami memutuskan bahwa kami perlu meningkatkan kehadiran FIFA karena negara ini layak mendapatkannya,” ujar Infantino.

Baca Juga: Piala Dunia U17 Digelar Sebentar Lagi, Presiden FIFA: Terima Kasih Jokowi dan Erick Thohir

Dengan kehadiran kantor FIFA di Jakarta, federasi tersebut diharapkan akan bisa lebih intensif membantu PSSI dengan menyediakan berbagai ahli untuk pengembangan sepak bola.

Infantino pun yakin, hasil dari bantuan FIFA kepada Indonesia akan segera terlihat.

“Dengan berkantor di sini, kami memiliki pakar yang berbeda-beda dalam hal hubungan dengan asosiasi nasional, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi untuk seluruh Asia Timur," lanjut pria asal Italia itu.

"Ahli di bidang keselamatan dan keamanan, juga ahli di stadion dalam memerangi pengaturan skor dan penyakit sepak bola lainnya."

"Juga yang terpenting, ahli dalam hal mengorganisasi kompetisi pengembangan pemain. Semua pusat keunggulan ini akan berbasis di Jakarta dan hasilnya akan segera terlihat,” ucap Infantino.

Selain untuk membantu sepak bola Indonesia, penempatan kantor FIFA di Jakarta juga untuk ikut mengawal penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 yang resmi dibuka hari ini.

Infantino pun dijadwalkan akan menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia U17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, malam nanti. 

Baca Juga: Presiden FIFA Dapat Tanda Kehormatan dari Jokowi, Dianggap Berjasa pada Sepak Bola Indonesia


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x