Kompas TV nasional peristiwa

Presiden FIFA Dapat Tanda Kehormatan dari Jokowi, Dianggap Berjasa pada Sepak Bola Indonesia

Kompas.tv - 10 November 2023, 11:54 WIB
presiden-fifa-dapat-tanda-kehormatan-dari-jokowi-dianggap-berjasa-pada-sepak-bola-indonesia
Presiden Joko Widodo (kiri) menerima jersey bertuliskan nama Jokowi dari Presiden Induk Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino memberikan usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022). (Sumber: Hafidz Mubarak A/Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino hari ini, Jumat (10/11/2023) di Istana Negara. Penghargaan ini diberikan karena Gianni memberikan kontribusi signifikan kepada dunia sepakbola di Indonesia.

Penganugerahan ini merupakan lanjutan dari acara penghargaan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh pejuang Indonesia. 

Keputusan Presiden dibacakan oleh Sesmilpres Laksamana Muda TNI Hersan yang menyatakan bahwa anugerah ini diberikan atas pengabdian dan jasa-jasanya yang besar dalam olahraga.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia U17 vs Ekuador di Piala Dunia U17 2023, Arkhan Kaka Ungkap Kondisi Tim

Selain itu juga memberikan manfaat tidak hanya untuk kejayaan sepak bola tetapi juga bagi kesejahteraan dan kebesaran bangsa serta negara Indonesia.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dst, memutuskan menetapkan dst kesatu, menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa kepada Gianni Infantino Presiden federasi sepak bola dunia (FIFA)," kata Hersan dikutip dari Kompas.com, Jumat.

Baca Juga: Ketua BEM UI Beserta Keluarganya Diduga Dapat Intimidasi Buntut Kritik Putusan MK

Proses Persetujuan Penghargaan oleh Pemerintah

Penghargaan ini telah mendapatkan persetujuan dalam rapat terbatas bersama Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (DGTK) di Istana Kepresidenan pada 3 Agustus 2023 silam.

Ketua DGTK Mahfud MD memberikan alasan spesifik mengenai pentingnya penghargaan ini bagi Gianni Infantino.

Baca Juga: Buntut Dugaan Intervensi dan Intimidasi, TPN Ganjar-Mahfud akan Buka Posko Pengaduan

Gianni Infantino dinilai telah memberikan kontribusi penting dalam membimbing persepakbolaan nasional dan dalam kerja sama internasional sepak bola. 

Alasan tersebut dianggap membuatnya layak menerima penghargaan ini berdasarkan diskusi mendalam dari pemerintah Indonesia.

"Kalau yang (penghargaan kepada) FIFA itu karena jasa-jasanya atas persepakbolaan di Indonesia," ujar Mahfud pada Kamis (3/8/2023) silam.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023 Gunakan VAR, Bima Sakti Minta Pemain Timnas U17 Indonesia Lebih Hati-Hati

"Sehingga dia dianggap layak berdasarkan diskusi-diskusi yang panjang, bukan diskusi yang instan. Apa yang diberikan, apa yg dilakukan," tutur Mahfud.

Dalam penganugerahan tersebut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x