Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia U17 2023 Gunakan VAR, Bima Sakti Minta Pemain Timnas U17 Indonesia Lebih Hati-Hati

Kompas.tv - 9 November 2023, 22:46 WIB
piala-dunia-u17-2023-gunakan-var-bima-sakti-minta-pemain-timnas-u17-indonesia-lebih-hati-hati
Monitor video assistant referee (VAR) selama Piala Dunia U17 2023 di Indonesia sudah terpasang salah satunya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. (Sumber: Media PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas U17 Indonesia Bima Sakti meminta para pemainnya untuk hati-hati dalam bertindak selama bertanding di Piala Dunia U17 2023 karena ada video assistant referee (VAR) yang digunakan.

Seperti yang diketahui, teknologi VAR akan digunakan selama gelaran Piala Dunia U17 2023 di Indonesia.

Pertandingan perdana Timnas U17 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023), melawan Ekuador pun dipastikan akan menggunakan VAR.

Bima Sakti lantas mengingatkan kepada Muhammad Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan untuk bisa beradaptasi dengan penggunaan VAR. 

Mantan pemain Timnas Indonesia itu meminta anak asuhnya untuk berhati-hati karena kini keputusan wasit jadi lebih akurat.

“Saya pikir ini jadi pengalaman yang baik. Oleh sebab itu, kami harus merespons dengan baik dengan adanya VAR. Saya menyampaikan ke pemain segala momen dan apa yang dilakukan di lapangan akan terlihat di kamera,” kata Bima Sakti, Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Kata Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti soal Persiapan Lawan Ekuador

“Oleh sebab itu, bersikap fair, harus main cerdik dan sabar. Jangan terpancing emosi. Apalagi kita kenal tim-tim pelatih pasti sering memancing, pemain jangan terprovokasi. Ada VAR yang selalu mengintai,” pesannya.

Monitor VAR di Stadion GBT telah berdiri dan dipasang di area keluar-masuk pemain di lapangan.

Selain VAR, goal line technology juga bakal diterapkan di Piala Dunia U17 2023 untuk membantu tugas wasit.

Penyerang Timnas U17 Indonesia, Arkhan Kaka, mengaku telah mendapat masukan soal penggunaan VAR. 

Arkhan mengatakan, dia dan rekan-rekannya akan mencoba bermain lebih berhati-hati agar tidak merugikan tim.

“Grogi tidak, cuma memudahkan kami supaya pertandingan berjalan lancar. Dan kami juga sudah latihan berhati-hati untuk latihan besok karena ada VAR juga. Semoga kami tampil maksimal dan hasil yang kami raih adalah hasil yang terbaik,” kata Arkhan.

“Cuma waspada saja dan hati-hati karena VAR itu membantu perangkat wasit. Kami juga bermain harus berhati-hati juga melakukan suatu momen atau tindakan,” ucap pemain asal Blitar tersebut.

Baca Juga: Jadwal Timnas U17 Indonesia di Piala Dunia U17 2023: Laga Pembuka Lawan Ekuador, Stadion GBT Full


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x