Kompas TV olahraga sepak bola

Soal Jumlah Tim Degradasi Liga 1, Erick Thohir Tegaskan Tetap 3 Klub: Tidak Ada Perubahan...

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 17:54 WIB
soal-jumlah-tim-degradasi-liga-1-erick-thohir-tegaskan-tetap-3-klub-tidak-ada-perubahan
Ketum PSSI Erick Thohir ketika hadir pada sesi latihan terakhir timnas Indonesia jelang melawan Brunei Darussalam pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde pertama, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu (11/10/2023). Erick Thohir memastikan jumlah tim Liga 1 yang terdegradasi adalah 3 klub sepak bola yang berada di peringkat terbawah klasemen akhir. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menegaskan bahwa jumlah tim degradasi di Liga 1 2023-24 tetap tiga tim. 

Jumlah yang sama juga berlaku bagi tim yang akan promosi ke Liga 1 dari Liga 2. 

Penegasan ini sekaligus menjadi bantahan perihal isu ramai di media sosial menyebutkan bahwa akan ada perubahan soal jumlah tim yang terdegradasi dari Liga 1 2023-24. 

"PSSI tegas berpegang pada ketentuan yang berlaku bahwa promosi dan degradasi adalah tiga tim. Tak ada tawar menawar soal itu," kata Erick, Minggu (29/10/2023) dikutip dari laporan Kompas.com. 

Baca Juga: Erick Thohir ke Timnas U17 Indonesia: Jangan Terbebani Bermain di Kandang Sendiri

Seperti diketahui, Liga 1 musim lalu tidak ada tim yang terdegradasi. Ditambah, kompetisi Liga 2 juga terhenti di tengah jalan. 

Lebih lanjut, Erick menganggap konsistensi regulasi akan berpengaruh positif terhadap kemajuan Timnas Indonesia dan kepastian dari sisi bisnis. 

"Tidak ada perubahan di tengah jalan. PSSI tidak menoleransi dan jelas menolak isu itu karena tidak sesuai dengan semangat fair play," ujar Erick melanjutkan.

"Kompetisi yang teratur dan sehat akan melahirkan timnas yang sehat. Selain itu, sistem kompetisi yang berputar secara konsisten juga akan memberi kepastian dari sisi bisnis. Karena itu, kami semua sepakat menjaga sistem kompetisi yang telah disepakati dalam kongres."

Baca Juga: Erick Thohir: Persiapan Piala Dunia U17 Lancar, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah

"Konsistensi ini penting untuk dijaga. Bukan justru diubah-ubah yang justru akan tidak baik bagi citra dan stabilitas kompetisi itu sendiri," ucap Erick.

Terlepas dari itu, Liga 1 2023-24 telah memasuki pekan ke-17 dan segera berlanjut ke putaran kedua. 

Sebagai informasi tambahan, regulasi Liga 1 musim ini menerapkan format championship series. Artinya, empat tim teratas di regular series (34 pertandingan) akan kembali diadu untuk mendapatkan kampiun. 

Sementara itu, tiga tim terbawah di klasemen Liga 1 2023-2024 bakal terdegradasi ke Liga 2 musim depan.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x