Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia dan Australia Dilaporkan Berunding untuk Pencalonan Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2034

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 00:05 WIB
indonesia-dan-australia-dilaporkan-berunding-untuk-pencalonan-tuan-rumah-bersama-piala-dunia-2034
Trofi Piala Dunia. Pejabat sepak bola di Australia dan Indonesia dilaporkan sedang berunding untuk bergabung dalam upaya menyaingi Arab Saudi dalam perebutan hak penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola FIFA tahun 2034. (Sumber: fifa.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SYDNEY, KOMPAS.TV - Pejabat sepak bola di Australia dan Indonesia dilaporkan sedang berunding untuk bergabung dalam upaya menyaingi Arab Saudi dalam perebutan hak penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola FIFA tahun 2034.

Sydney Morning Herald melaporkan pernyataan Ketua PSSI Erick Thohir tentang pembicaraan yang sedang berlangsung, yang juga mungkin melibatkan Malaysia dan Singapura dalam pencalonan tersebut, seperti dikutip Associated Press, Rabu (11/10/2023).

Meskipun Indonesia pernah dibatalkan dari tuan rumah Piala Dunia Putra U-20 oleh FIFA karena gejolak politik akibat penolakan atas keikutsertaan Israel, namun sekarang dikaitkan dengan rencana pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034.

FIFA sebenarnya dapat memberi sanksi pada federasi sepak bola Indonesia atas pelanggaran tugas sebagai tuan rumah. Namun beberapa minggu kemudian, FIFA justru memberikan kehormatan dengan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia Putra U-17. Israel tidak lolos ke edisi U-17, yang akan dimulai bulan depan.

Erik Thohir disebut memiliki hubungan profesional yang akrab dengan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Keduanya adalah anggota Komite Olimpiade Internasional dan Thohir pernah menjadi Presiden Inter Milan, klub sepak bola Italia yang memiliki pendukung, termasuk Infantino.

Baca Juga: Negara-Negara Arab Langsung Dukung Arab Saudi Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Presiden FIFA Gianni Infantino bersama PM Australia Anthony Albanese saat piala dunia perempuan di Australia. Pejabat sepak bola di Australia dan Indonesia dilaporkan sedang berunding untuk bergabung dalam upaya menyaingi Arab Saudi dalam perebutan hak penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola FIFA tahun 2034. (Sumber: AP Photo)

Penantang Arab Saudi untuk Piala Dunia 2034 harus menyatakan minat resmi sebelum 31 Oktober 2023. Batas waktu FIFA untuk pencalonan resmi adalah 30 November 2023.

Hanya anggota badan sepak bola Asia dan Oseania yang dapat mengajukan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Pasalnya, Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Meksiko akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026, dan enam anggota FIFA dari Eropa, Afrika, dan Amerika Selatan telah bersatu untuk Piala Dunia 2030.

Dalam beberapa jam setelah FIFA membuka kontes Piala Dunia 2034 seminggu yang lalu, Federasi Sepak Bola Arab Saudi meyatakan akan mengajukan diri dan Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia, Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan ada dukungan bersama untuk negara itu. Sekarang, empat anggota AFC tampaknya sedang berunding untuk membantah pernyataan tersebut.

Federasi sepak bola Australia, yang sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita tahun ini, minggu lalu mengatakan mereka "mengeksplorasi kemungkinan untuk menawarkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia Klub FIFA 2029 dan/atau Piala Dunia FIFA 2034."

Acara klub dengan 32 tim pada tahun 2029 diperkirakan akan dimainkan pada bulan Juni-Juli, waktu yang tidak cocok untuk musim panas di Arab Saudi.

FIFA mengatakan mereka akan memutuskan bulan-bulan untuk menggelar Piala Dunia 2034 setelah anggotanya menyetujui tuan rumah dalam pertemuan yang kemungkinan akan diadakan akhir tahun depan.


 

 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x