Kompas TV internasional kompas dunia

Negara-Negara Arab Langsung Dukung Arab Saudi Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 07:00 WIB
negara-negara-arab-langsung-dukung-arab-saudi-calonkan-diri-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2034
Trofi Piala Dunia. Negara-negara Arab langsung memberi dukungan bagi Arab Saudi setelah Kerajaan tersebut mengumumkan niatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034. Kuwait, Yordania, Bahrain, Irak, langsung menyatakan dukungan, Kamis, (5/10/2023). (Sumber: fifa.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

RIYADH, KOMPAS.TV - Negara-negara Arab langsung memberi dukungan bagi Arab Saudi setelah Kerajaan tersebut mengumumkan niatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Arab Saudi mengumumkan hari Rabu, (4/10/2023) bahwa mereka akan mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Kementerian Luar Negeri Kuwait menyatakan dukungannya terhadap upaya Arab Saudi ini, menyebutnya sebagai cerminan dari kemajuan yang dicapai oleh Kerajaan dan negara-negara Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk (GCC), seperti laporan Arab News, Kamis, (5/10/2023).

Begitu pula dengan Bahrain. Dalam sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri,  Bahrain punya kepercayaan penuh terhadap kemampuan Arab Saudi untuk mengorganisir turnamen bergengsi ini.

Mereka juga menyoroti kemajuan berkelanjutan Arab Saudi dan rekam jejak suksesnya dalam menggelar acara-acara bergengsi.

Jordan juga pada hari Kamis, (5/10/2023) mengumumkan dukungannya terhadap penawaran Arab Saudi dan menyatakan kepercayaan sepenuhnya pada kemampuan Arab Saudi dalam menjadi tuan rumah sebuah event sepak bola internasional besar yang akan "membawa kebanggaan bagi semua Arab."

Baca Juga: Piala Dunia 2030 Digelar di 6 Negara di 3 Benua, Edisi Khusus Peringati 100 Tahun Turnamen

Negara-negara Arab langsung memberi dukungan bagi Arab Saudi setelah Kerajaan tersebut mengumumkan niatnya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034. Kuwait, Yordania, Bahrain, Irak, langsung menyatakan dukungan, Kamis, (5/10/2023). (Sumber: StadiumDB)

Presiden Asosiasi Sepak Bola Irak, Adnan Derjal, mengungkapkan dukungan penuh negaranya terhadap penawaran Arab Saudi, menyatakan bahwa "penawaran Federasi Sepak Bola Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia adalah langkah besar bagi seluruh orang Arab, dan kita harus mendukungnya dengan segala kemampuan yang kita miliki."

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Negara-negara Teluk (GCC), Jassem Mohamed Albudaiwi, mengucapkan harapan sukses dan kemakmuran kepada Arab Saudi dan kepemimpinannya.

Arab Saudi mengumumkan pada Rabu (4/10/2023) niatnya untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034.

Dipimpin oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi, penawaran untuk tahun 2034 ini bermaksud menyelenggarakan turnamen kelas dunia dan akan mengambil inspirasi dari transformasi sosial dan ekonomi Arab Saudi yang sedang berlangsung serta gairah mendalam Kerajaan ini terhadap sepak bola.

Penawaran perdana Arab Saudi ini didukung oleh pengalaman mereka dalam menyelenggarakan acara sepak bola kelas dunia dan rencana mereka untuk menyambut penggemar dari seluruh dunia pada Piala Dunia Klub FIFA 2023 dan Piala Asia AFC 2027.


 

Mengomentari niat untuk mengajukan penawaran, Putra Mahkota Mohammed bin Salman menekankan bahwa keinginan Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 adalah cerminan dari kemajuan Kerajaan ini di berbagai sektor, seperti yang dilaporkan oleh Arab News, Kamis (5/10/2023).



Sumber : Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x