Kompas TV olahraga sepak bola

Imbas Konflik Israel-Palestina, UEFA Tunda Sejumlah Laga Kualifikasi Euro 2024

Kompas.tv - 9 Oktober 2023, 16:43 WIB
imbas-konflik-israel-palestina-uefa-tunda-sejumlah-laga-kualifikasi-euro-2024
Asap membubung setelah terjadi serangan udara Israel ke Gaza City, Jalur Gaza, Minggu, 8 Oktober 2023. Serangan itu terjadi menyusul serangan yang dilakukan kelompok perlawanan Palestina, Hamas, ke wilayah Israel pada Sabtu pagi. (Sumber: AP Photo/Fatima Shbair)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

NYON, KOMPAS.TV - UEFA mengumumkan penundaan sejumlah pertandingan kualifikasi Euro 2024 dan ajang lainnya yang seharusnya berlangsung di Israel.

Keputusan ini diumumkan secara resmi melalui situs resmi UEFA pada Minggu (8/10/2023).

Bentrokan yang meledak membuat Israel menyatakan perang menyusul serangan militer Hamas, kelompok pejuang kemerdekaan Palestina, akhir pekan lalu.

Dalam pernyataan resmi yang diterbitkan di situs UEFA, disebutkan bahwa beberapa pertandingan akan ditunda untuk sementara waktu.

“UEFA telah memutuskan untuk menunda semua pertandingan yang dijadwalkan di Israel dalam beberapa minggu ke depan dengan tanggal baru yang akan dikonfirmasikan pada waktunya,” tulis pernyataan UEFA.

Baca Juga: Paus Fransiskus Menyerukan Perdamaian di Israel dan Palestina: Perang Adalah Kekalahan

“UEFA memiliki waktu beberapa hari lagi untuk menilai apakah pertandingan Kualifikasi EURO 2024 Kosovo melawan Israel dapat berlangsung pada tanggal yang direncanakan semula, yaitu Minggu (15/10/2023), memerlukan penundaan.”

“UEFA akan terus memantau situasi dengan cermat dan akan tetap berhubungan dengan semua tim yang terlibat sebelum mengambil keputusan mengenai tanggal baru dan kemungkinan perubahan pada pertandingan mendatang,” tutupnya.

Konflik antara kedua negara ini telah menimbulkan kerugian yang disebut sangat kontras dengan nilai-nilai kemanusiaan yang dianut oleh UEFA.

Timnas Israel seharusnya menjalani dua pertandingan kualifikasi dalam dua pekan ini.



Sumber : Kompas TV/UEFA


BERITA LAINNYA



Close Ads x