Kompas TV olahraga sports

Asian Games 2022: Raih Peringkat ke-10, Maria Londa Gagal Sumbang Medali

Kompas.tv - 2 Oktober 2023, 21:04 WIB
asian-games-2022-raih-peringkat-ke-10-maria-londa-gagal-sumbang-medali
Atlet lompat jauh Indonesia, Maria Londa, saat bertanding di nomor lompat jauh putri di Asian Games 2022 di Hangzhou, China, Senin, 2 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Lee Jin-man)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

 

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Maria Natalia Londa gagal menyumbang medali bagi Indonesia di cabang atletik nomor lompat jauh putri Asian Games 2022 Hangzhou.

Dalam perlombaan yang digelar di HOC Stadium, Hangzhou, China, Senin (2/10/2023) malam, Maria hanya finis di peringkat kesepuluh dengan lompatan terjauh 5,98 meter.

Dikutip dari laman resmi Asian Games 2022, lompatan Maria yang dihitung hanya yang pertama. Sementara percobaan kedua dan ketiganya dianggap tidak sah.

Dilansir Antara, Maria sempat mengajukan protes karena lompatan keduanya didiskualifikasi dan lompatan ketiganya dianggap tidak sah. Padahal, lompatan ketiga penting karena menentukan apakah Maria masuk final atau tidak.

"Ada sedikit gangguan di posisi lompatan ketiga. Lompatan saya dianulir fault padahal posisi kaki masih di papan tumpu, hanya pada saat melayang itu dianulir dianggap lewat, padahal posisi awalan saya menumpu tidak di sana, tidak kena sama sekali. Jadi lumayan mengganggu lompatan berikutnya," kata Maria, ketika ditemui seusai perlombaan.

"Karena lompatan ketiga itu lompatan penentu saya masuk final atau tidak. Karena kan saya masih punya tiga lompatan, kalau itu memang tidak dianulir oleh mereka, saya dengan tenang masuk, karena peringkat kesembilan itu masih di posisi 6,08 m," kata Maria.

Setelah melakukan protes, juara Asian Games Incheon 2014 itu meneruskan upayanya lewat tiga kesempatan terakhir dan mampu melakukan lompatan terbaik 6,25 m pada percobaan kelima.

Akan tetapi, setelah peninjauan kembali, tiga lompatan terakhir pemegang enam medali emas SEA Games dari lompat jauh dan lompat jangkit itu, tidak masuk hitungan.

Pada akhirnya, Maria finis di peringkat ke-10 dengan catatan 5,98 m yang dianggap sah oleh dewan juri. Alhasil, Maria pun harus puas menempati peringkat kesepuluh.

Baca Juga: Riska Andriyani Bertekad Pertahankan Medali Kano di Asian Games 2022

Medali emas nomor lompat jauh putri berhasil dimenangi atlet China, Xiong Shiqi. Atlet berusia 19 tahun itu sukses mencatatkan jarak lompatan sejauh 6,73 meter.

Sementara medali perak diraih Sojan Edappilly dari India dengan lompatan 6,63 meter. Sedangkan perunggu dibawa pulang oleh atlet Hong Kong, Yue Nga Yan, yang mencatatkan lompatan 6,50 meter.

Dengan hasil ini, Indonesia belum berhasil menambah perolehan medali di Asian Games 2022 Hangzhou.

Hingga Senin (2/10/2023) pukul 20.59 WIB, tim Indonesia masih berada di peringkat ke-13 dalam klasemen medali Asian Games 2022 dengan raihan 4 emas, 3 perak dan 11 perunggu. 

Baca Juga: Asian Games 2022: Timnas Basket Putri Indonesia Tantang Jepang di Perempat Final Malam Ini


 



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x