Kompas TV olahraga sports

Pemimpin Negara yang Hadiri Upacara Pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, Jokowi Ikut?

Kompas.tv - 23 September 2023, 15:50 WIB
pemimpin-negara-yang-hadiri-upacara-pembukaan-asian-games-2022-hangzhou-jokowi-ikut
Asian Games adalah pusat perhatian. Untuk awalnya, mereka melibatkan lebih banyak peserta daripada Olimpiade Musim Panas. Penyelenggara mengatakan lebih dari 12.000 orang akan berpartisipasi, dengan beragam olah raga tradisional seperti perahu naga, sepaktakraw, wushu, kabbadi, hingga esports. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Opening ceremony atau upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou akan digelar pada Sabtu (23/9/2023) malam.

Dalam opening ceremony Asian Games 2022 yang dilangsungkan di Stadion Pusat Olahraga Olimpiade Hangzhou, Zhejiang, Presiden China Xi Jinping dikonfirmasi akan turut hadir.

Selain Xi selaku kepala negara tuan rumah, sejumlah pemimpin negara lain juga dipastikan hadir dalam upacara pembukaan Asian Games ke-19 tersebut.

Dilansir dari Xinhua, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo dan Perdana Menteri Nepal Pushpa Kamal Dahal Prachanda bakal datang langsung dalam acara tersebut.

Sementara dari Timur Tengah, Putra Mahkota Kuwait Sheikh Mishal Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah dan Presiden Suriah Bashar al-Assad juga turut hadir di upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou.

Dari wilayah Asia Tenggara, Perdana Menteri Xanana Gusmao dari Timor-Leste, Raja Kamboja Norodom Sihamoni dan Ketua Dewan Rakyat dari Malaysia Johari bin Abdul dikonfirmasi mengikuti opening ceremony tersebut.

Lantas apakah Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi bakal hadir di upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou?

Jokowi diketahui tidak hadir dalam acara tersebut karena saat ini dia sedang melakoni kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Kamis (21/9) lalu.

Baca Juga: Kontingen Asian Games 2022 Taliban Semua Pria, Atlet Wanita Datang dari Luar Afghanistan

Dilansir dari Setkab.go.id, Jokowi pada Sabtu hari ini melanjutkan kunjungannya di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pada kunjungan kerja hari ketiganya, Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk hotel yang terletak di Kawasan IKN. 

Jokowi juga menginspeksi lokasi Inpres Jalan Daerah (IJD) Paket 1 Pembangunan Jalan Akses ke Wisata Goa Batu Tapak Raja di Desa Agro Mulyo, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selanjutnya, Jokowi akan menuju ke Bandara Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, untuk kemudian pergi ke kota berikutnya.


 

Indonesia di Opening Ceremony Asian Games 2022

Pada upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, Tim Indonesia yang akan mengikuti defile kurang lebih sebanyak 100 orang.

Hernanda Zulfi (voli) dan Nandhira Mauriskha (wushu) mendapat kehormatan menjadi pembawa bendera dan papan nama Indonesia di acara defile.

Dalam opening ceremony Asian Games 2022 itu, Nandhira akan mengenakan baju kurung adat Betawi sementara Zulfi bakal memakai pakaian adat lengkap dari Pulau Rote.

Upacara pembukaan Asian Games 2022 akan dimulai pada Sabtu malam pukul 19.00 WIB. 

Baca Juga: Serba-serbi Asian Games: Lebih Besar dari Olimpiade dengan Beragam Cabang Olahraga Regional



Sumber : Xinhua


BERITA LAINNYA



Close Ads x