Kompas TV internasional kompas dunia

Kontingen Asian Games 2022 Taliban Semua Pria, Atlet Wanita Datang dari Luar Afghanistan

Kompas.tv - 23 September 2023, 09:22 WIB
kontingen-asian-games-2022-taliban-semua-pria-atlet-wanita-datang-dari-luar-afghanistan
Dua kontingen Afghanistan tiba di kota China, Hangzhou untuk Asian Games 2023, satu kontingen yang dikirim dari Afghanistan terdiri dari sekitar 130 atlet pria, yang akan berpartisipasi dalam 17 cabang olahraga, yang lain dari diaspora atlet Afghanistan termasuk 17 atlet perempuan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Dalam Asian Games pertama sejak Taliban merebut kembali kendali Afghanistan, dua kontingen atlet tiba di kota China, Hangzhou, dengan penampilan yang sangat berbeda.

Satu kontingen yang dikirim dari Afghanistan terdiri dari sekitar 130 atlet pria, yang akan berpartisipasi dalam 17 cabang olahraga yang berbeda, termasuk voli, judo, dan gulat, kata Atel Mashwani, juru bicara yang ditunjuk oleh Taliban untuk Komite Olimpiade Afghanistan, kepada Associated Press pada hari Sabtu, (23/9/2023). 

Taliban melarang seluruh perempuan berpartisipasi dalam olahraga.

Yang lain, bersaing di bawah bendera hitam, merah, dan hijau dari pemerintah terpilih yang digulingkan oleh Taliban tahun 2021, berasal dari diaspora atlet Afghanistan di seluruh dunia, dan termasuk 17 perempuan, menurut Hafizullah Wali Rahimi, presiden Komite Olimpiade Nasional Afghanistan sebelum Taliban berkuasa.

Rahimi, yang sekarang bekerja di luar Afghanistan tetapi masih diakui oleh banyak negara sebagai perwakilan resmi negara itu dalam urusan Olimpiade, mengatakan kepada wartawan dalam upacara kedatangan resmi kontingen pada hari Kamis malam bahwa para atlet berada di sana karena cinta terhadap olahraga.

"Kami ingin menjaga olahraga sepenuhnya terpisah dari politik sehingga para atlet dapat dengan bebas melakukan aktivitas olahraga dan pengembangan, di dalam dan di luar negara mereka," katanya.

Kontingen Rahimi dalam upacara penyambutan sepenuhnya terdiri dari pria, tetapi dia mengatakan perempuan sedang dalam perjalanan, termasuk tim voli yang berlatih di Iran, pebalap sepeda dari Italia, dan perwakilan atletik dari Australia.

Baca Juga: Perempuan Afghanistan Protes Pelarangan Salon Kecantikan, Taliban Bubarkan dengan Tembakan

Dua kontingen Afghanistan tiba di kota China, Hangzhou untuk Asian Games 2023, satu kontingen yang dikirim dari Afghanistan terdiri dari sekitar 130 atlet pria, yang akan berpartisipasi dalam 17 cabang olahraga, yang lain dari diaspora atlet Afghanistan termasuk 17 atlet perempuan. (Sumber: AP Photo)

Dia tidak merespons permintaan melalui email pada hari Jumat yang mencari informasi lebih lanjut. Upacara pembukaan resmi Asian Games akan berlangsung pada hari Sabtu, (23/9/2023).

Meskipun Taliban berjanji untuk pemerintahan yang lebih moderat daripada periode sebelumnya pada tahun 1990-an, mereka memberlakukan tindakan keras sejak merebut Afghanistan pada bulan Agustus 2021 saat pasukan AS dan NATO mundur setelah dua dekade perang.

Taliban melarang perempuan dari sebagian besar bidang kehidupan publik seperti taman, pusat kebugaran, dan banyak bidang pekerjaan, serta memberangus kebebasan media.

Taliban juga melarang anak perempuan bersekolah melewati kelas enam, dan melarang perempuan Afghanistan bekerja di organisasi lokal dan non-pemerintah. Larangan itu diperluas ke karyawan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan April.

Langkah-langkah tersebut memicu reaksi keras masyarakat internasional, meningkatkan isolasi negara tersebut pada saat ekonominya runtuh dan memperburuk krisis kemanusiaan.

Rahimi mengatakan pemerintah sebelumnya bekerja keras untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam olahraga sejak rezim Taliban sebelumnya, dan itu telah meningkat menjadi 20% sebelum Taliban berkuasa.

"Kami berharap itu akan kembali, tentu saja," katanya. "Bukan hanya olahraga, kami berharap mereka akan diizinkan kembali ke sekolah dan pendidikan, karena itu adalah hak dasar manusia."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x