Kompas TV olahraga sepak bola

Ini Kata Pengamat soal Kekalahan Timnas Indonesia U24 dari Taiwan: Rotasi Memang Harus Dilakukan

Kompas.tv - 22 September 2023, 13:00 WIB
ini-kata-pengamat-soal-kekalahan-timnas-indonesia-u24-dari-taiwan-rotasi-memang-harus-dilakukan
Pemain Timnas Indonesia U24, Ramai Rumakiek, berusaha menembus pertahanan Taiwan dalam pertandingan Asian Games 2022 yang berakhir 0-1 untuk kekalahan tim Merah Putih di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, China, Kamis (21/9/2023). (Sumber: NOC Indonesia)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat sepak bola M Kusnaeni mengomentari rotasi pemain yang dilakukan Timnas Indonesia U24 dalam laga Asian Games 2022 melawan Taiwan yang berujung kekalahan.

Timnas Indonesia U24 kalah 0-1 dari Taiwan pada laga kedua Grup F Asian Games 2022 di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, China, Kamis (21/9/2023).

Kekalahan ini cukup mengejutkan karena Timnas Indonesia U24 menghadapi Taiwan dengan membawa hasil positif setelah mengalahkan Kirgizstan 2-0.

Sedangkan Taiwan kalah 0-2 dari Korea Utara di laga perdana.

Baca Juga: Pelatih Taiwan Bangga Bisa Kalahkan Timnas Indonesia U24 di Asian Games 2022, Ini Katanya

Timnas Indonesia U24 melakukan rotasi pemain ketika menghadapi Taiwan. Hal itulah yang kemudian memunculkan anggapan Tim Garuda meremehkan Taiwan.

Namun, M Kusnaeni menepis anggapan tersebut, dan menegaskan rotasi memang harus dilakukan.

“Jika ada anggapan tim kita meremehkan Taiwan tidak benar, karena susunan pemain yang diturunkan Indra Sjafri memang karena kebutuhan tim untuk melakukan rotasi,” ujarnya kepada Kompas TV, Jumat (22/9/2023).

“Karena jadwal pertandingan hanya selisih dua hari, maka harus ada rotasi. Jadi perubahan pemain itu bukan karena meremehkan, tapi memang kebutuhan rotasi,” katanya.

Menurutnya, salah satu alasan permainan Timnas Indonesia tak berkembang karena tak memiliki striker yang cukup kuat untuk diandalkan.

Baca Juga: Ini Skenario Timnas Indonesia U24 untuk Lolos ke 16 Besar Asian Games 2022, Kemenangan Harga Mati

Coach Indra mengakui di depan tidak memiliki striker yang biasa diandalkan, dan bahkan mendorong Egy (Maulana Vikir) tidak maksimal,” tuturnya.

Sosok yang akrab disapa Bung Kus tersebut mengatakan hal itu bisa terlihat di babak pertama, di mana Timnas Indonesia U24 tak mampu menciptakan peluang mencetak gol ke gawang Taiwan meski sudah mengurung lawan.

“Akhirnya banyak melakukan shooting-shooting dari luar kotak penalti, ditambah lagi lawan kita semalam bermain dengan complex defence yang luar biasa, sangat disiplin dan solid, semua pemain berupaya menahan agar gawangnya tak kebobolan,” tuturnya.

Bung Kus pun menegaskan, cara bermain Taiwan itu perlu dipelajari Timnas Indonesia U17.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x