Kompas TV olahraga sepak bola

Roberto Mancini Jadi Pelatih Timnas Arab Saudi, Dikontrak hingga 2027

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 08:26 WIB
roberto-mancini-jadi-pelatih-timnas-arab-saudi-dikontrak-hingga-2027
Roberto Mancini (kanan) dan Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi Yasser Al Misehal menghadiri konferensi pers di Riyadh, Arab Saudi, Senin, 28 Agustus 2023. Mancini ditunjuk menjadi pelatih Timnas Arab Saudi pada Minggu, dua minggu setelah dia meninggalkan posisinya sebagai pelatih Timnas Italia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

 

RIYADH, KOMPAS.TV - Pelatih sepak bola asal Italia, Roberto Mancini, resmi ditunjuk sebagai pelatih Tim Nasional Arab Saudi, Senin (28/8/2023), sebagaimana diumumkan Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Mancini mengambil posisi pelatih Timnas Arab Saudi dengan kontrak selama 4 tahun atau hingga 2027 mendatang. 

Pengumuman tersebut juga disampaikan akun X (dulu Twitter) resmi Timnas Arab Saudi (@SaudiNT).

Baca Juga: Al Ittihad Belum Menyerah Kejar Mohamed Salah, Coba Goda Liverpool dengan Rp2,4 Triliun

"Roberto Mancini 2027," tulis akun tersebut.

Keputusan ini memang cukup mengejutkan, terutama di kalangan pecinta sepak bola Italia. Pasalnya, Mancini baru saja mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Italia pada 13 Agustus 2023.

Hanya dalam waktu dua minggu, mantan pelatih Timnas Italia dan Manchester City ini telah mendapatkan pekerjaan baru.

"Saya merasa sangat terhormat ditawari posisi sebagai manajer Tim Nasional Arab Saudi. Saya yakin ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk mengalami sepak bola di negara baru, terutama dengan semakin populernya sepak bola di Asia," ungkap Mancini dalam konferensi pers di Riyadh, Arab Saudi, Senin, seperti dikutip Associated Press.

Baca Juga: Hasil Liga 1 Hari Ini dan Klasemen Terbaru: Arema FC dan PSM Makassar Kompak Menang Tipis

Ia melanjutkan budaya sepak bola yang begitu bergejolak di Arab Saudi dan kualitas alami para pemainnya merupakan faktor kunci untuk kesuksesan.

"Kehadiran pemain-pemain top di Liga Pro Saudi mengindikasikan potensi pertumbuhan tim nasional," ungkapnya.

Arab Saudi memang hanya berada di peringkat keempat di grupnya pada Piala Dunia 2022. Namun, berhasil membuat salah satu kejutan terbesar dalam sejarah turnamen tersebut dengan mengalahkan Argentina yang akhirnya keluar sebagai juara.

"Seluruh dunia menyadari potensi besar yang dimiliki Tim Nasional Arab Saudi berdasarkan penampilan luar biasanya dalam Piala Dunia," tutur Mancini.

Mancini kini tengah mempersiapkan Timnas Arab Saudi untuk menjalani dua pertandingan persahabatan selama kamp persiapan mereka di Stadion St. James Park, markas Newcastle United, pada 3-12 September 2023.

Sebagai pelatih utama, ia mengemban misi membawa Arab Saudi mencapai hasil terbaik pada Piala Asia yang akan digelar di Qatar pada Januari 2024 dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Daftar Harga Tiket Timnas U17 Indonesia vs Korea Selatan dan Cara Belinya


 



Sumber : Kompas TV, Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x