Kompas TV olahraga sepak bola

Hukuman AFC Berlaku, Titan Agung dan Komang Teguh Gagal Main di Piala AFF U23 2023

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 23:45 WIB
hukuman-afc-berlaku-titan-agung-dan-komang-teguh-gagal-main-di-piala-aff-u23-2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat jelang pertandingan FIFA Matchday melawan Palestina, Selasa (13/6/2023). (Sumber: KOMPAS.com /SUCI RAHAYU)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

RAYONG, KOMPAS.TV - Kabar buruk datang dari Timnas Indonesia U23 yang tampil di Piala AFF U23 2023 dengan Titan Agung dan Komang Teguh yang terancam gagal main karena hukuman dari AFC.

Seperti yang diketahui, Titan dan Komang tetap dibawa Shin Tae-yong untuk Piala AFF 2023 meski mendapat sanksi AFC larangan bermain 6 pertandingan akibat kericuhan di final sepak bola SEA Games 2023.

Dan ternyata, sanksi AFC untuk Titan dan Komang itu tetap berlaku di Piala AFF U23 2023 meski tidak digelar pada agenda FIFA Matchday.

"Yang jadi masalah dua orang ini, Titan dan Komang. Kita juga kaget tiba-tiba tanggal 14 itu dapat surat dari AFC mengingatkan kita ada suspend dari pemain kita," kata manajer Timnas U23 Indonesia, Endri Erawan dikutip dari BolaSport.com, Kamis (17/8/2023).

"Karena selama ini sejak tanggal 2 Agustus sebenarnya kita sudah kirim surat ke AFC untuk mendapatkan konfirmasi mengenai 2 orang pemain ini yang kita bawa."

"Termasuk dengan Taufany karena masuk list 40 pemain yang disiapkan. Namun belum ada respons," ujarnya.

"Jadi pertimbangan kami karena ini usianya berbeda dulu U-22, ini U-23 dan juga ini adalah turnamen setengah resminya Asia Tenggara, jadi bukan di friendly match (FIFA)," jelasnya.

"Surat FIFA juga sejak keberangkatan kami kesini 3 hari lalu itu belum keluar. Belum ada juga surat dari AFC yang menyatakan bahwa ini tidak boleh bermain."

Baca Juga: Shin Tae-yong Anggap Piala AFF U23 2023 Hanya sebagai Turnamen Persahabatan

"Ternyata surat yang dikeluarkan AFC itu, karena ini bukan friendly match, kita lagi membalas surat tersebut," tambah Endri.

Lebih lanjut, Endri berharap Titan dan Komang tetap bisa bermain di Piala AFF U23 2023.


Sementara mengenai respons Shin Tae-yong, Endri mengatakan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu tidak akan memanggil pemain pengganti dan bakal memaksimalkan 21 pemain lain yang sudah dibawa.

"Batas pendaftaran pemain adalah 8 jam sebelum kick off, jadi kita masih bisa merubah 23 final skuad," lanjut Endri.
"Seandainya mereka tidak bisa bermain, coach Shin bilang kita akan bertanding dengan 21 pemain."

"Tidak mungkin ada pengganti, karena waktunya udah mepet. Pemain juga masih bermain di Liga 1, ya sudah yang ada dimaksimalkan."

"Tapi kita berharap Titan dan Komang tetap bisa bermain, kita akan berjuang untuk itu," pungkasnya.

Timnas Indonesia U23 baru akan memulai pertandingan mereka di Piala AFF U23 2023 pada Jumat (18/8).

Ramadhan Sananta dan kawan-kawan dijadwalkan menghadapi Malaysia pada Jumat malam pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Update Hasil Piala AFF U23 2023: Thailand dan Kamboja Pesta Gol



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x