Kompas TV olahraga sepak bola

Profil Wataru Endo, Calon Gelandang Bertahan Anyar Liverpool

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 17:08 WIB
profil-wataru-endo-calon-gelandang-bertahan-anyar-liverpool
Gelandang bertahan asal Jepang, Wataru Endo (kanan), yang dilaporkan menjadi incaran Liverpool. (Sumber: Instagram @endowataru)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Klub raksasa Liga Inggris, Liverpool, dikabarkan selangkah lagi mendapatkan gelandang bertahan asal Jepang, Wataru Endo.

Dilansir dari Liverpool Echo, The Red melakukan langkah mengejutkan dengan merekrut kapten tim nasional Jepang, Wataru Endo, dari Stuttgart.

Langkah dari kubu Anfield ini diambil karena mereka berusaha keras untuk mendatangkan seorang gelandang bertahan berpengalaman sebelum jendela transfer ditutup.

Seperti yang diketahui, Liverpool baru saja gagal mendapatkan Moises Caicedo yang memilih menandatangani kontrak dengan Chelsea.

Tim asuhan Jurgen Klopp juga mengincar gelandang Southampton, Romeo Lavia. Namun upaya untuk mendatangkannya mengalami kesulitan karena negosiasi yang alot.

Karena tak kunjung mendapatkan pemain incaran, Liverpool sekarang mengalihkan perhatian mereka kepada Wataru Endo.

Endo, yang juga bisa bermain sebagai bek tengah itu, tinggal menyisakan satu tahun terakhir kontraknya dan kemungkinan tidak membutuhkan biaya transfer yang mahal.

Selain itu, Liverpool dinilai lebih mudah mendatangkan Wataru Endo dengan memanfaatkan koneksi yang dimiliki direktur olahraga mereka, Jorg Schmadtke.

Baca Juga: Waduh, Moises Caicedo Enggan ke Liverpool, Tegaskan Hanya Ingin Pindah ke Chelsea

Lantas, siapakah Wataru Endo? Berikut profilnya.

Profil Wataru Endo

Wataru Endo ( lahir 9 Februari 1993) merupakan pesepakbola profesional Jepang yang berposisi sebagai gelandang bertahan atau bek tengah untuk klub Bundesliga, VfB Stuttgart, serta tim nasional Jepang.

Karir senior Endo dimulai bersama klub Jepang Shonan Bellmare pada tahun 2011. Ia kemudian berpindah ke Urawa Red Diamonds pada 2016, dan setelahnya ke Sint-Truidense V.V. di Belgia pada tahun 2018. 

Pada 2019, Endo bergabung dengan Stuttgart dengan status pinjaman, dan akhirnya dikontrak secara permanen pada tahun 2020.

Sejak tahun 2015, Endo telah bermain untuk tim nasional Jepang. Ia mewakili Jepang dalam Piala Dunia FIFA 2018 dan 2022 serta Piala Asia AFC 2019.

Dikenal sebagai pemain yang kuat secara fisik, Endo juga memiliki kemampuan passing yang ulung serta kecakapan dalam membaca permainan. Keberadaannya menjadi kunci penting bagi kedua klub dan negaranya.


 

Dengan kualitas yang dimilikinya, Endo bisa jadi salah satu solusi terbaik Liverpool yang kehilangan Jordan Henderson dan Fabinho di jendela transfer musim panas ini. 

Baca Juga: Jadi Kapten Baru Liverpool, Ini Kata-Kata Virgil van Dijk




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x