Kompas TV olahraga badminton

Lolos ke Babak Perempat Final Australian Open 2023, Rinov/Pitha: Kita Saling Dukung untuk Menang

Kompas.tv - 3 Agustus 2023, 14:00 WIB
lolos-ke-babak-perempat-final-australian-open-2023-rinov-pitha-kita-saling-dukung-untuk-menang
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pitha Haningtyas Mentari (kiri) dan Rinov Rivaldy, saat bertanding melawan Yuta Watanabe dan Arisa Higashino dalam babak perempat final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Juni 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari, berhasil menunjukkan performa yang solid saat merebut tiket ke babak perempat final turnamen bulu tangkis Australian Open 2023.

Pada pertandingan yang berlangsung di Quay Centre, Sydney Olympic Park, Sydney, pada Kamis (3/8/2023) siang, Rinov dan Pitha harus berjuang tiga gim sengit melawan pasangan dari Malaysia, Chen Tang Jie dan Toh Ee Wei.

Setelah pertandingan, Rinov mengungkapkan bahwa kemenangan hari ini berkat penampilan maksimal rekan setimnya di lapangan. 

Dia merasa sangat terbantu oleh Pitha yang tampil oke dan saling mendukung dalam permainan. Komunikasi yang lancar dan kepercayaan diri yang tinggi juga menjadi kunci sukses mereka.

"Alhamdulillah bisa maju ke babak delapan besar. Cuma, meski menang permainan saya hari ini tidak sebaik kemarin. Penampilan saya hari ini diselamatkan oleh penampilan bagus Tari (Pitha). Dia tampil oke banget. Kita bisa saling support dan dukung untuk bisa menang," kata Rinov.

Baca Juga: Sudah Dimulai! Ini Link Live Streaming Australian Open 2023: 13 Wakil Indonesia akan Bertanding

Menurut Rinov, pertandingan babak kedua di ajang super 500 ini sangatlah sulit dan menegangkan.

"Tadi juga lumayan tegang. Lawan dan kami pun sama-sama tegang dan banyak membuat kesalahan sendiri. Tadi kami dan lawan sebenarnya bisa mendapat poin juga dari kesalahan lawan dan kami sendiri," tutur Rinov.

Tari, sapaan akrab Pitha, menambahkan bahwa mereka hari ini yakin dengan pola permainan mereka sendiri. 

Mereka berusaha tetap fokus dan tenang, terutama saat lawan mengubah pola permainan. 

Kunci kemenangan mereka adalah tetap fokus pada satu persatu poin dan menjaga ketenangan dalam permainan.


"Tadi dari awal yakin dengan pola kami sendiri. Kami berusaha fokus. Hanya di gim kedua saat lawan ubah pola, kami malah kurang siap. Kami hanya lebih tenang dan fokus satu persatu poin saja," timpal Tari soal kunci kemenangannya dikutip dari Kompas.com, Kamis.

Sementara itu, langkah ganda campuran Indonesia lainnya, Adnan Maulana dan Nita Violina Marwah, harus terhenti di babak 16 besar. Mereka kalah dari pasangan asal Tiongkok, Feng Yan Zhe dan Huang Dong Ping, dalam dua gim langsung dengan skor 9-21, 13-21.

Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti akan melanjutkan perjuangan di babak 16 besar Australian Open 2023. Mereka akan menghadapi pasangan ganda campuran asal Hong Kong, Tang Chun Man dan Tse Ying Suet, dalam pertandingan kelima di Lapangan 1 Quay Centre Sydney Olympic Park.

Di sektor tunggal putra, atlet Indonesia Jonatan Christie gagal melangkah ke babak selanjutnya setelah dikalahkan oleh wakil Malaysia, Ng Tze Yong, dengan skor 20-22, 15-21.

Baca Juga: Hasil Australian Open 2023 Hari Ini: Adnan/Nita Tumbang, Rinov/Pitha dan Jojo Lolos Perempat Final



Sumber : Kompas TV, Tournament Software, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x