Kompas TV olahraga sepak bola

Spektakuler! Al-Hilal Arab Saudi Tawarkan Mbappe Hampir Rp5 triliun agar Bergabung

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 02:14 WIB
spektakuler-al-hilal-arab-saudi-tawarkan-mbappe-hampir-rp5-triliun-agar-bergabung
Tim sepak bola Al-Hilal dari Arab Saudi hari Senin, (24/7/2023) membuat tawaran rekor sebesar 300 juta euro atau setara hampir 5 triliun rupiah untuk Kylian Mbappe, berpotensi membuat striker asal Prancis itu bergabung dengan Cristiano Ronaldo. (Sumber: Sky News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SYDNEY, KOMPAS.TV - Setelah gagal mendapatkan Lionel Messi, tim sepak bola Al-Hilal dari Arab Saudi membuat tawaran rekor sebesar 300 juta euro atau setara hampir Rp5 triliun untuk Kylian Mbappe, Senin (24/7/2023). Tawaran itu berpotensi membuat striker asal Prancis itu bergabung dengan Cristiano Ronaldo di kerajaan kaya minyak tersebut.

Paris Saint-Germain mengonfirmasi tawaran tersebut dan memberikan izin kepada Al-Hilal untuk membuka negosiasi langsung dengan Mbappe, seperti laporan Associated Press.

Pemenang Piala Dunia 2018 ini sedang berada dalam kondisi buntu kontrak dengan PSG setelah ia memutuskan tidak memperpanjang kontraknya selama 12 bulan. Sebagai gantinya, ia berencana pergi sebagai agen bebas pada akhir musim mendatang, di mana diperkirakan ia akan bergabung dengan Real Madrid.

PSG mengeluarkan Mbappe dari tur pra-musim mereka di Jepang hari Sabtu. Klub Prancis tersebut bertekad menjualnya, kecuali bisa meyakinkannya untuk meneken kontrak baru.

Peluang untuk kesepakatan baru kini tampak sangat kecil lantaran hubungan antara Mbappe yang berusia 24 tahun dengan PSG semakin tegang.

Arab Saudi beberapa tahun terakhir berusaha memasuki panggung olahraga internasional. Selain Ronaldo, yang kontraknya dilaporkan menghasilkan hingga $200 juta per tahun, LIV Golf yang didanai oleh Arab Saudi juga menghadirkan perubahan dalam dunia golf profesional.

Langkah-langkah ini bagian dari upaya Putra Mahkota Mohammed bin Salman dari Arab Saudi untuk memanfaatkan kekayaan minyak kerajaan untuk memberikan lapangan kerja dan peluang baru bagi generasi muda Arab Saudi.

Baca Juga: Rusuh di Prancis Terus Membara, Mbappe Buka Suara: Kami Pahami Kemarahan Publik

Lionel Messi dan Kylian Mbappe saat bersama di Paris Saint-Germain. Tim sepak bola Al-Hilal dari Arab Saudi hari Senin, (24/7/2023) membuat tawaran rekor sebesar 300 juta euro atau setara hampir 5 triliun rupiah untuk Kylian Mbappe, berpotensi membuat striker asal Prancis itu bergabung dengan Cristiano Ronaldo. (Sumber: AP Photo/Manu Fernandez)

Namun, kritikus menolak upaya tersebut sebagai "olahraga pencitraan," yang mencoba memanfaatkan olahraga profesional untuk membersihkan citra kerajaan tersebut, meskipun tetap menjadi salah satu eksekutor teratas di dunia dan berperang dalam perang berkepanjangan di Yaman.

Pada awal tahun ini, Al-Hilal gagal merekrut Messi, yang memilih untuk bergabung dengan Inter Miami sebagai gantinya.

Tawaran untuk Mbappe akan menjadikannya pemain sepak bola termahal dalam sejarah, melampaui nilai transfer sebesar $262 juta yang dibayarkan PSG untuk Neymar, yang bergabung dari Barcelona pada tahun 2017.

Tawaran ini mencerminkan langkah ambisius Arab Saudi sebagai bagian dari upaya rekrutmen yang gigih untuk menarik pemain terbesar dalam permainan sepak bola ke negara tersebut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x