Kompas TV olahraga sepak bola

Profil Frank Wormuth, Konsultan Timnas U-17 Indonesia asal Jerman

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 20:39 WIB
profil-frank-wormuth-konsultan-timnas-u-17-indonesia-asal-jerman
Frank Wormuth, konsultan pelatih timnas Indonesia U17 yang baru ditunjuk untuk persiapan Piala Dunia U17 2023. (Sumber: ANP Sport)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi telah menunjuk Frank Wormuth sebagai konsultan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17, Minggu (23/7/2023).

Kabar mengenai bergabungnya pelatih berkebangsaan Jerman ini diumumkan oleh PSSI melalui laman resminya di pssi.org.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kita akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda ini," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam pernyataannya.

Frank Wormuth sendiri telah menandatangani kontrak selama empat bulan untuk melaksanakan pendekatan bertahap dalam membangun tim U-17 Indonesia agar siap bersaing dengan 24 negara lainnya dalam Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada November hingga 2 Desember.

Proses pendekatan tersebut dimulai dengan melakukan analisis SWOT guna membentuk tim kepelatihan dan staf yang kokoh.

Selanjutnya, Frank akan mempersiapkan modul-modul kepelatihan yang diperlukan dan merancang pemaparan serta implementasi program yang tepat untuk tim U-17. 

Selama proses ini, dia juga akan mengawasi dan mengevaluasi secara berkala pelaksanaan modul yang dijalankan oleh tim pelatih U-17.

"Penunjukan Frank juga didasari rencana kamp pelatihan dan try out ke Jerman yang dimulai September hingga Oktober nanti. Saya percaya jaringan yang dimiliki Frank di Jerman akan banyak membantu pematangan timnas dan juga tim pelatih," papar Erick.

Lantas siapakah Frank Wormuth?

Baca Juga: PSSI Tunjuk Frank Wormuth Jadi Konsultan Pelatih Timnas U17

Profil Frank Wormuth 

Frank Wormuth adalah seorang pelatih sepak bola yang berasal dari Jerman, lahir di Berlin Barat pada tanggal 13 September 1960.

Kariernya dimulai sebagai pemain di beberapa klub Jerman, termasuk SC Freiburg, Hertha BSC, dan VfB Oldenburg, sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun sebagai pemain pada tahun 1998 dan beralih menjadi seorang pelatih.

Prestasi dan kualitasnya sebagai konsultan untuk Timnas U-17 tidak diragukan lagi, karena Frank Wormuth telah memperoleh lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Perjalanan karier kepelatihannya dimulai saat ia menjadi asisten pelatih di klub Liga Turki, Fenerbahce, pada tanggal 1 Juli 1998. Kemudian, ia menjadi pelatih kepala di beberapa klub seperti SC Pfullendorf, FV Ravensburg, dan SSV Reutlingen dari tahun 1999 hingga 2002.

Pada tanggal 1 Juli 2004, Frank Wormuth dipercaya sebagai pelatih kepala di Union Berlin, sebelum kemudian pindah ke VfR Aalen pada tanggal 1 Juli 2005. Selain itu, ia juga pernah menangani Timnas Jerman U-20 dan menghadapi 49 pertandingan bersama tim tersebut.

Pada periode terakhir, Frank Wormuth menjabat sebagai pelatih di klub Eredivisie Belanda, FC Groningen, sebelum akhirnya diumumkan sebagai konsultan untuk Timnas U-17 Indonesia. 

Baca Juga: Seleksi Timnas U17, Erick Thohir: Tidak Ada Pemain Titipan, Ini Bukan Main-Main


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x