Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Rinci 5 Stadion yang Sedang Direview oleh FIFA

Kompas.tv - 17 Juli 2023, 21:08 WIB
erick-thohir-rinci-5-stadion-yang-sedang-direview-oleh-fifa
Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Federasi sepak bola internasional (FIFA) sedang me-review lima stadion yang rencananya digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir merinci lima stadion tersebut.

“Yang pasti, yang memang FIFA lagi review sekarang, yaitu ada JIS (Jakarta International Stadium), ada Jalak Harupat, ada Gelora Bung Tomo, ada di Bogor, dan juga ada satu lagi, Manahan Solo,” tuturnya pada wartawan, Senin (17/7/2023).

“Dari delapan, lima yang sedang di-review. Janjinya memang dari FIFA akan hadir di Jakarta dulu,” imbuhnya.

Sebab, kata Erick, pihak FIFA sudah mempunyai bayangan terhadap beberapa stadion lain, yang sebelumnya direncanakan menjadi venue Piala Dunia U-20.

Baca Juga: Kericuhan Suporter Masih Terjadi di Liga 1, Erick Thohir: Kalau Terus-menerus, Pasti Dihukum FIFA

“Seperti Manahan Solo, Gelora Bung Tomo, sama Jalak Harupat, jadi FIFA sudah ada bayangan.”

“Paling nanti rumput-rumputnya harus dijahit kembali. Yang Bogor sama yang JIS, itu yang masih FIFA akan review lagi,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Erick juga menjelaskan mengenai perwasitan di Indonesia, yang menurutnya menjadi kontroversi tidak ada habisnya.

“Saya sebagai komite wasit, tegas. Bahkan hari ini beberapa pihak dipanggil Bareskrim, untuk dicek, apakah ada hal kurang baik pada saat liga dimulai.”


Erick juga mengaku telah melapor pada polisi mengenai temuan dari FIFA tentang wasit di tahun 2019, dan saat ini masih diproses oleh kepolisian.

“Bagaimana komite wasit? Kami sedang menyusun struktur kewasitan. Mungkin kalau memang harus dipercepat, saya akan isi orang Indonesia dulu.”

“Sebenarnya kemarin salah satu yang membuat agak terlambat satu dua minggu ini, karena saya masih menunggu dari Jepang nama wakil (komite wasit) saya, karena wakil (komite wasit), saya maunya dari Jepang,” kata dia.

Baca Juga: Habil Marati Sebut JIS Sudah Standar FIFA: Level U17 Main di Sini Ketinggian

Selain wakil komite wasit, menurut Erick, ada satu figur lain yang akan didatangkan dari Jepang yang bertugas untuk memberi pelatihan pada wasit di seluruh daerah di Indonesia.

“Nah, ini yang nanti akan men-training wasit di seluruh Indonesia, kalau wakil saya, standarisasi wasit yang sudah ada di liga, dan men-training VAR.”

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x