Kompas TV olahraga sepak bola

Habil Marati Sebut JIS Sudah Standar FIFA: Level U17 Main di Sini Ketinggian

Kompas.tv - 16 Juli 2023, 00:00 WIB
habil-marati-sebut-jis-sudah-standar-fifa-level-u17-main-di-sini-ketinggian
Mantan pengurus Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Habil Marati saat diwawancarai sebelum bermain dengan para legenda Timnas Indonesia di Lapangan Latihan Stadion JIS, Sunter, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). (Sumber: Tribunnews/Abdul Majid)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan pengurus Badan Tim Nasional (BTN) PSSI, Habil Marati, ikut memberikan pandangannya mengenai polemik Jakarta International Stadium (JIS) yang rencananya bakal jadi venue Piala Dunia U17 pada November mendatang.

Habil menegaskan, JIS merupakan stadion yang sudah sesuai dengan standar dari FIFA.

Hal itu disampaikannya saat mengajak para legenda sepak bola Indonesia, Robby Darwis dan kawan-kawan untuk bermain bersama di Lapangan Latihan JIS.

"Ya pertama sore hari ini adalah pertandingan mantan-mantan pemain timnas yang sudah punya nama besar, malang-melintang dari stadion ke stadion, ada Robi Darwis, Nuralim, Dede Iskandar, Yusuf Bachtiar, Al Haddad. Ini mewakili generasi timnas Indonesia,” kata Habil sebelum menjalani fun game di Lapangan Latihan JIS, Sunter, Jakarta, dikutip dari Tribunnews, Sabtu (15/7/2023).

“Ini mereka yang memiliki hak yang bisa menilai apakah stadion ini sesuai dengan FIFA, karena mereka berpengalaman jadi berhentilah orang yang tidak berkecimpung di bola mengomentari rumput dan stadion,” ujarnya.

Habil kemudian menjelaskan bagaimana JIS sudah memenuhi standar FIFA, sesuai dengan aturan dari badan sepak bola dunia itu.

“Stadion ini sudah memenuhi kriteria, FIFA sendiri memiliki kriteria yang namanya SAPCA: Sport And Play Construction Association, dari segi rumput di pasal 2.2 dan 2.3 ada rumput alam, rumput hybrid dan karpet," lanjutnya.

"Rumput ada dua kriteria lagi, rumput musim dingin ada di Atlanta, rumput panas ada di Boyolali,” terang Habil.

Eks manajer Timnas Indonesia Piala AFF 2012 kemudian membandingkan JIS dengan stadion internasional lainnya seperti FIFA Stadium yang ada di Dublin dan Stadion Education City Stadium yang ada di Doha.

Baca Juga: [FULL] Ricuh Standar FIFA: Erick Thohir Renovasi JIS, Politisasi atau Solusi? | Livi On Point



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x