Kompas TV olahraga sepak bola

Kinerja Wasit Liga 1 Jadi Sorotan, Erick Thohir: Kalau Curang Pasti Saya Gigit

Kompas.tv - 16 Juli 2023, 21:35 WIB
kinerja-wasit-liga-1-jadi-sorotan-erick-thohir-kalau-curang-pasti-saya-gigit
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melakukan konferensi pers di Mabes Polri, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Liga 1 2023-24 telah bergulir selama tiga pekan, namun sorotan terhadap kinerja wasit terus meningkat. Meskipun upaya penyeleksian untuk pengadil lapangan telah dilakukan, kritik terhadap mereka tetap mengalir deras.

Tidak jarang pertandingan berjalan dengan tensi panas karena tim yang bertanding merasa keputusan wasit merugikan mereka.

Mengenai hal ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan tanggapannya.

"Nah, ini jangan langsung patah semangat atau melakukan salah-salahan. Perbaiki lagi, wasit juga manusia," kata Erick Thohir, Minggu (16/5/2023) dikutip dari Kompas.com. 

Baca Juga: Kericuhan Suporter Masih Terjadi di Liga 1, Erick Thohir: Kalau Terus-menerus, Pasti Dihukum FIFA

Erick Thohir menjelaskan bahwa jika ada wasit lapangan yang melakukan kesalahan fatal, mereka akan dikenai hukuman. Salah satu hukumannya adalah tidak boleh memimpin beberapa pertandingan.

Ia menegaskan bahwa jika ada indikasi kecurangan yang dilakukan oleh wasit, pihaknya tidak akan ragu untuk mengambil tindakan tegas. 

"Ini kami lakukan perbaikan, tidak bisa langsung selesai hari ini. Perlu waktu dan kesabaran," kata Erick melanjutkan. 

"Namun, kalau ada kecurangan atau permainan di lapangan pasti saya 'gigit'. Namun, jangan semua berasumsi ini 'main' semua. Kasih waktu begitu," katanya.

Lebih lanjut, Erick Thohir juga meminta agar tidak semua orang menganggap bahwa semua wasit terlibat dalam kecurangan.

Baca Juga: Seleksi Timnas U17: Erick Thohir Sebut Tidak Boleh Ada 'Titipan'

Ia meminta agar diberikan waktu untuk perbaikan. Erick menyebutkan bahwa dalam pertandingan, terkadang ada tekanan yang lebih tinggi dalam situasi dengan tensi yang tinggi, sehingga keputusan wasit bisa dianggap merugikan.

"Seperti yang saya sampaikan, banyak wasit di lapangan itu ada pressure. Namanya juga manusia, makanya kami mau pakai VAR. Namun, yang penting poinnya kesalahan manusia itu lumrah, saya juga bisa salah," papar pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN RI. 

Sementara itu, Komisi Disiplin PSSI telah bekerja, dan Komisi Wasit yang dipimpin oleh Erick Thohir sendiri akan segera mengumumkan anggota tim yang akan terlibat.

Baca Juga: Ketum PSSI Erick Thohir Pantau Langsung Seleksi 947 Peserta Timnas U-17 di Gianyar Bali!

Erick Thohir juga menanggapi panggilan Bareskrim terkait laporan tentang dugaan pungutan liar (pungli) dan indikasi keterlibatan mafia wasit dalam proses seleksi wasit Liga 1 2023-2024 yang berlangsung pada 15-16 Juni 2023. Ia menekankan bahwa tidak semua wasit terlibat dalam tindakan tersebut.

"Besok kami dipanggil Bareskrim. Saya pastikan kepada Pak Bareskrim, jangan dipukul rata. Namun, dicek dulu," kata Erick.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x