Kompas TV olahraga sports

Komisi X DPR Tak Kaget World Beach Games 2023 Batal: Memang Belum Ada DIPA-nya

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 20:53 WIB
komisi-x-dpr-tak-kaget-world-beach-games-2023-batal-memang-belum-ada-dipa-nya
Ketua Komisi X DRP RI, Syaiful Huda. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda memastikan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memang belum memiliki anggaran untuk menggelar World Beach Games 2023 di Bali. 

Seperti diketahui, Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) secara mengejutkan mengumumkan bahwa World Beach Games 2023 yang rencananya digelar di Bali bulan Agustus mendatang, batal dilangsungkan. 

Dalam keterangannya disebutkan, kegagalan itu diakibatkan oleh ketidakjelasan biaya dari pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Media Israel Heboh Indonesia Batal Gelar World Beach Games, Ungkit Kegagalan Gelar Piala Dunia U20

Syaiful Huda mengaku tidak kaget dengan hal tersebut. Menurutnya, Kemenpora memang belum punya anggaran untuk menggelar World Beach Games 2023. 

“Belum ada DIPA anggaran Kemenpora menyangkut anggaran untuk beach game ini,” sebut Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/7/2023) dikutip dari Kompas.com. 

Syaiful Huda melanjutkan, Komisi X DPR RI juga tak pernah membahas soal dana Rp466 miliar yang disebut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, disiapkan untuk gelaran kompetisi level dunia tersebut.

Baca Juga: World Beach Games 2023 Bali Batal karena Anggaran Tak Turun, Menpora: Tidak Benar

“Angka-angka itu belum pernah dibahas oleh Komisi X, artinya memang ini belum ada anggaran untuk World Beach Games,” lanjut politikus PKB. 

Selain itu, Syaiful Huda mengatakan bakal memanggil Menpora Dito Ariotedjo untuk mengevaluasi batalnya ANOC World Beach Games 2023. 

Pasalnya, ini merupakan kedua kalinya pemerintah Indonesia gagal menggelar gelaran olahraga level internasional hanya dalam jangka waktu kurang dari enam bulan. Sebelumnya, Piala Dunia U20 2023 juga batal diselenggarakan di Indonesia. 

“Kita diskusikan dan memastikan kenapa ini terjadi. Jangan sampai terulang kembali, karena kan ada event-event internasional lagi dan sudah dua kali (pemerintah gagal),” tegas Syaiful Huda.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x