Kompas TV olahraga sports

World Beach Games 2023 Bali Batal karena Anggaran Tak Turun, Menpora: Tidak Benar

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 21:45 WIB
world-beach-games-2023-bali-batal-karena-anggaran-tak-turun-menpora-tidak-benar
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo buka suara soal namanya yang terseret dalam kasus korupsi BTS Kominfo, Minggu (2/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menpora Dito Ariotedjo membantah batalnya gelaran ANOC World Beach Games 2023 yang dikabarkan disebabkan anggaran dari pemerintah yang tidak kunjung turun. 

Asosiasi Komite Olimpiade Nasional atau Association of National Olympic Committees (ANOC) mengeklaim bahwa Bali menarik diri sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 pada Selasa (4/7/2023).

“KOI (Komite Olimpiade Indonesia) menyatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah anggaran tidak kunjung cair dari Pemerintah Indonesia dan tidak ada waktu lagi untuk menyelenggarakan pesta olahraga tersebut,” demikian pernyataan resmi ANOC, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: World Beach Games 2023 di Bali Batal Karena Anggaran, Menpora: Saya Belum Ada Terima Laporan!

Pernyataan ANOC tersebut dibantah oleh Menpora Dito Ariotedjo. 

“Tidak benar (karena masalah anggaran yang tidak turun dari pemerintah),” kata Dito, Rabu (5/7/2023), dikutip dari Kompas.com. 

Dito mengeklaim pemerintah sudah siap menjadi tuan rumah ajang olahraga multicabang yang dijadwalkan berlangsung di Bali pada Agustus mendatang.

“Pemerintah sedari awal dilaporkan NOC Indonesia akan menjadi tuan rumah, langsung meminta NOC Indonesia agar melakukan perencanaan dan persiapan seefektif dan seefisien mungkin,” sambung Dito.

“Sebab, memang NOC Indonesia yang mengajukan Bali sebagai tuan rumah."

Bahkan, Dito mengungkapkan pihak Kemenpora telah melakukan tinjauan anggaran bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (PBKP) dan juga Direktur Jenderal Anggaran (DJA) Kemenkeu. 

Dito mengaku menyesalkan Bali batal menjadi pihak penyelenggara ANOC World Beach Games 2023.

Baca Juga: Bali Batal Jadi Tuan Rumah World Beach Games 2023, Begini Kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia

"Sekali lagi, mewakili pemerintah, Kemenpora sangat menyayangkan pembatalan event ini,” papar Dito.

“Namun kami juga memastikan sangat siap dalam menyambut event-event internasional ke depan seperti Piala Dunia bola basket FIBA, dan Piala Dunia U-17 FIFA," tegasnya.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x