Kompas TV olahraga sepak bola

Luis Enrique Resmi Gantikan Christophe Galtier sebagai Pelatih PSG

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 23:09 WIB
luis-enrique-resmi-gantikan-christophe-galtier-sebagai-pelatih-psg
PSG menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih anyar menggantikan Christophe Galtier yang dipecat, Rabu (5/7/2023). (Sumber: Paris Saint-Germain)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

PARIS, KOMPAS.TV - Paris Saint-Germain (PSG) resmi menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih anyar untuk menggantikan Christopher Galtier yang dipecat.

Melalui pengumuman resmi mereka, Rabu (5/7/2023), PSG mengatakan bahwa pelatih berkebangsaan Spanyol telah menandatangani kontrak selama 2 tahun.

"Paris Saint-Germain dengan senang hati mengumumkan bahwa Luis Enrique telah ditunjuk sebagai pelatih kepala tim utama yang baru, dengan manajer asal Spanyol tersebut menandatangani kontrak berdurasi dua tahun," bunyi pernyataan PSG.

Penunjukan Luis Enrique ini menyusul setelah sebelumnya PSG memecat Christophe Galtier dan juga jajaran pelatihnya.

"Di akhir musim 2022-2023, Paris Saint-Germain memberi tahu Christophe Galtier tentang keputusannya untuk mengakhiri kontraknya sebagai pelatih tim utama," tulis PSG.

"Seluruh tim Paris Saint-Germain ingin berterima kasih kepada Christophe Galtier, serta asistennya Thierry Oleksiak dan João Sacramento, atas profesionalisme dan komitmen mereka sepanjang musim, dan mendoakan yang terbaik untuk sisa karier mereka."

Sementara itu, usai resmi ditunjuk sebagai pelatih PSG, Luis Enrique mengaku sangat senang bisa memimpin klub berjuluk Les Parisiens.

Baca Juga: Bintang PSG Kylian Mbappe Bersuara atas Kerusuhan Prancis, Serukan Protes Damai dan Kecam Kekerasan

"Saya senang bergabung dengan Paris untuk menikmati pengalaman baru," kata Enrique.

"Sangat menyenangkan bertemu orang baru, tinggal di kota ini, belajar bahasa baru, dan yang terpenting, memimpin PSG," ucapnya.

Sebelum menjadi pelatih, Luis Enrique menghabiskan sebagian besar karier bermainnya di Barcelona.

Setelah pensiun sebagai pemain, ia kemudian memulai karier kepelatihannya di FC Barcelona B pada tahun 2008. 

Pada tahun 2011, ia dipromosikan sebagai pelatih utama Barcelona setelah kepergian Pep Guardiola. Di bawah kepemimpinannya, Barcelona meraih banyak trofi, termasuk tiga gelar La Liga dan Liga Champions UEFA pada tahun 2015.

Enrique kemudian memimpin tim nasional Spanyol dari Juli 2018 hingga Juni 2019, diikuti periode kedua dari November 2019 hingga Desember 2022. 

Bersama La Roja, ia mencapai semifinal EURO 2020 serta final UEFA Nations Liga 2021.

Secara individu, Luis Enrique juga telah memenangkan banyak penghargaan individu, termasuk penghargaan Pelatih Terbaik Dunia FIFA pada tahun 2015.

Baca Juga: Diduga Rasis ke Pemain Kulit Hitam dan Anti-Muslim, Christophe Galtier Ditahan untuk Pemeriksaan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x